Ini Dia Tiga Menu Nasi yang Diburu Pecinta Kuliner

oleh -139 views
Ilustrasi

KUNINGAN, (SGOnline).-

Indonesia kental dengan keberagaman budayanya, maka tak heran bila hal itu membuat banyak inovasi baru terutama di bidang kuliner. Termasuk di Kabupaten Kuningan, bukan hanya masakan khas Sunda saja yang menjadi incaran, namun hidangan dari daerah lain pun turut menjadi buruan banyak orang.

Kali ini Surya Grage Online, menghadirkan tiga menu dari daerah lain yang banyak diburu oleh penggemar kuliner.

 

 

1. Nasi kebuli

Nasi kebuli merupakan hidangan populer di kalangan masyarakat Betawi di Jakarta dan warga keturunan Arab. Hidangan nasi kebuli menunjukkan adanya pengaruh kebudayaan Arab Timur Tengah, tepatnya tradisi Arab di Yaman.

Nasi ini berbumbu dan bercita rasa gurih, karena dimasak bersama kaldu daging kambing, susu kambing dan minyak samin. Lalu disajikan bersama kambing goreng serta ditaburi dengan irisan kurma atau kismis membuat terasa manis dan lezat.

Di Kabupaten Kuningan, nasi kebuli menjadi populer oleh pengusaha kuliner Haji Ode, yang seringkali menggelar dagangannya pada momen Car Free Day Jalan Siliwangi Kuningan. Harganya yang terjangkau dan rasanya yang gurih membuat nasi kebuli ini menjadi incaran para pengunjung CFD untuk sarapan sebelum melakukan aktivitas.
Haji Ode sendiri merintis usahanya sejak tahun 2017, hingga membuka dua otlet Nasi Kebuli Haji Ode di Jalaksana.

2. Rice Bowl

Rice Bowl adalah salah satu jenis makanan ala Jepang yang berisi teriyaki, katsu, tempura dan topping khas ala negri sakura. Hidangan yang sudah lengkap mengandung karbohidrat, sayur dan lauk dalam satu mangkuk alias rice bowl menjadi menu nasi menjadi hits kuliner yang bertahan cukup lama. Sejumlah restoran dan bahkan hotel di Kota Kuda ini, memasukkan rice bowl ke dalam menunya.

3. Kimbap

Bagi para pecinta Drama Korea (Drakor) pasti tidak asing dengan Kimbap. Kimbap merupakan hidangan yang berasal dari Korea, berisi nasi dibungkus dengan rumput laut kering, di dalamnya terdapat berbagai macam topping sayuran.

Di Korea Selatan, biasanya kimbap dijadikan bekal makan siang karena pembuatannya yang praktis dan mempunyai nilai gizi lengkap. Di Kuningan sendiri Kimbap baru populer pada awal tahun 2019. (Andin/SGO)