Ini Tata Cara Salat Idul Adha Sesuai SE Bupati Kuningan

oleh -121 views
Acep Purnama

KUNINGAN, (SGOnline).-

Pemkab Kuningan akhirnya menerbitkan Surat Edaran (SE) Panduan Pelaksanaan Salat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Qurban. Dalam SE bernomor 003/2003/Kesra tersebut, Bupati berpedoman pada SE Menteri Agama RI Nomor SE.18/Tahun 2020, dengan membolehkan pelaksanaan salat Idul Adha 1441 H secara berjamaah, Selasa (28/7/2020).

Adapun lokasi pelaksanaannya, bisa di lapangan, masjid atau musala dusun, namun dengan jumlah jamaah terbatas. Hanya saja, penerapan lokasi ibadah harus mendapat rekomendasi dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kuningan.

“Penyelenggaraan salat Idul Adha berjamaah di desa atau kelurahan. Tidak terpusat di satu masjid, tapi harus tersebar di masjid musala yang ada di satu wilayah. Upaya itu guna menghindari kerumunan yang tidak terlalu besar,” tandas Bupati Acep dalam edaran tersebut.

Kemudian, di poin ketiga, ditekankan pelaksanaan salat dan khutbah Idul Adha agar dipersingkat, tanpa mengurangi ketentuan syarat dan rukunnya.

“Pelaksanaan salat Idul Adha tetap mengacu protokol kesehatan, seperti mengenakan masker, hand sanitizer, serta menjaga jarak minimal 1 meter antar jamaah. Panitia juga wajib menyediakan alat pengukur suhu (tubuh),” pinta Bupati.

Tidak salam-salaman

Untuk menghindari penyebaran Covid-19, dalam SE juga diatur agar jamaah salat Idul Adha tidak melakukan mushafahah (bersalam-salaman, Red), setelah pelaksanaan sholat.

“Juga agar tidak terjadi kerumunan saat bubar, jamaah diminta membawa kantong plastik untuk menyimpan sandal dan tidak dititipkan di tempat penitipan,” kata Bupati.

Selain itu, jamaah salat juga diminta membawa sajadah dari rumah. Bagi anak-anak dan orang tua yang rentan tertular penyakit, serta yang mempunyai penyakit bawaan, diminta untuk melakukan salat Idul Adha di rumah.

“Kepada pemerintah kecamatan, desa, RT/RW agar segera melakukan koordinasi dengan panitia penyelenggara salat Idul Adha,” papar Acep.

Dengan adanya SE ini, Pemkab Kuningan berharap agar pandemi Covid-19 bisa segera berakhir dan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Kuningan bisa sukses menuju masa adaptasi kebiasaan baru (AKB). (Ruddy/SGO)

Hayyyy  hallo..... Mas, Mba... Sis  Bro... dah pada daftar menjadi mahasiswa baru UGJ belum.....ituloh Universitas Swadaya Gunung Jati.... Dulu kalian mengenalnya dengan Unswagati

Diatas ada panduan cara mendaftar online via fasilitas BJB ya....? dan juga panduan untuk melakukan heregistrasi/registrasi bagi yang sudah dinyatakan Lulus....

Semoga kalian bisa lulus dengan jurusan/program studi yang dicita-citakan

Kuliah....kuyyy ke UGJ