Media Partner

Inilah Sosok Tan Oen Tjing (Bambang Tanuwikarja), Pelatih Kungfu di Jerman

oleh -262 views


Sering sakit

Tan Oen Tjing atau lebih dikenal dengan nama Bambang Tanuwikarja, lahir di Jakarta 19 April 1950. Ia terlahir dengan nama Tan Oen Tjing. Karena suka sakit-sakitan, kemudian oleh orang tuanya di kwee pang ke Dewi Kwan Im di Kelenteng Dewi Kwan Im Banten.

Kira-kira saat berumur 9 tahun, jika menginap di Kelenteng Dewi Kwan Im Banten, Tan Oen Tjing (Bambang Tanuwikarja) ikut berlatih kungfu bersama Hweesio sambil nyapu halaman kelenteng. Semasa kecilnya, Tan Oen Tjing sering melihat latihan perguruan kungfu.

Akhirnya, hal itu membuat Tan Oen Tjing memutuskan berlatih kungfu secara serius dengan Cek Tiang Wie di Kamp Bang Janis Jembatan 2 di Jakarta. Sementara rumah Tan Oen Tjing di daerah Senen. Setiap latihan kungfu, Tan Oen Tjing naik sepeda dari Senen hingga jembatan 2, menempuh perjalanan yang cukup jauh dan melelahkan.

Akhirnya, Tan Oen Tjing berlatih kungfu bersama Cek Tjiam Kie yang datang ke rumah Tan Oen Djin. Jadi setiap latihan Cek Tjiam Kie datang ke rumah Tan Oen Tjing. Tetapi tahun 1970 sejak kuliah di SSTI dan ikut latihan militer Mahajaya, membuat Tan Oen Tjing jarang latihan. Karena terlalu capek membuat Tan Oen Tjing sakit kuning (hepatitis) selama 6 bulan.

Hal ini membuat Tan Oen Tjing bertekad melatih diri untuk cepat sembuh dan sehat karena bercita cita untuk kuliah di Jerman. Tan Oen Tjing merasa heran setiap latihan kungfu bisa mendadak jadi sehat.