Media Partner

Inilah Sosok Tan Oen Tjing (Bambang Tanuwikarja), Pelatih Kungfu di Jerman

oleh -264 views


Uji tanding

Tahun 1972, Tan Oen Tjing pindah ke Jerman bagian selatan. Ketika itu, ia latihan kungfu seorang diri. Banyak orang yang bertanya, latihan apa itu? Dijawab Tan Oen Tjing, latihan Kung Fu. Karena di tahun 1974 banyak orang yang belum tahu soal kungfu dan Tan Oen Tjing orang pertama yang melatih kungfu di Jerman.

Tahun 1975, ia pindah ke Berlin Barat, waktu itu Berlin terbagi barat dan timur. Di Jerman Timur, latihan bela diri yang diizinkan hanya boxer, tinju dan judo.

Tan Oen Tjing juga mengalami uji tes sebelum melatih kungfu. Di tes uji tanding oleh beberapa perguruan bela diri yang ada di Jerman, selain kungfu, yaitu taekwondo dan karate. Sebab, waktu itu belum ada perguruan seni bela diri kungfu di Jerman. Tan Oen Tjing lolos tes tampil jadi pemenang.

Hal ini membuat Tan Oen Tjing dikenal. Sejak itu, Tan Oen Tjing mulai dikenal dan banyak ditawarkan kerja di Sport Studio, kepolisian dan militer. Waktu itu ada problem, yaitu izin tinggal. Soalnya, izin tinggal Tan Oen Tjing sebagai pelajar. Jadi Tan Oen Tjing hanya bisa mengajar ke aparat polisi dan tentara di Jerman, secara privat pribadi ilmu seni bela diri kungfu di Jerman.