Istri Danramil 1508/Cidahu Bagikan Paket ‘Sijum’

oleh -105 views

KUNINGAN, (SGOnline).-

Terinspirasi dengan perilaku Rasullullah SAW yang kerap berbagi makanan di lingkungan sekitarnya, membuat Rita Suningsih, istri Danramil 1508/Cidahu, Kapten Arm Hambali ini berusaha untuk berbagi rezeki dengan warga di sekitarnya.

“Sebenarnya kegiatan berbagi ini sudah saya lakukan di tempat tugas yang dulu, hingga saya pindah ke Kuningan, jadinya saya mencoba gerakan ‘Sijum’ (nasi Jumat, Red) bekerja sama dengan Persit Koramil 1508/Cidahu,” papar Rita saat dihubungi melalui sambungan seluler, Jumat (5/6/2020).

Namun, di tengah pandemi covid-19 ini, Rita Suningsih mengubah nasi kotak menjadi sembako, supaya bisa meringankan beban masyarakat yang terkena wabah .

“Kami berbagi, karena turut merasakan apa yang terjadi saat ini. Selain itu, kami ingin mengikuti sunah Rasulullah SAW, yang menjadi inspirasi bagi Komunitas Nasi Jumat (Sijum) untuk selalu beraksi. Komunitas Sijum adalah wadah yang bergerak di bidang sosial. Setiap Jumat dan hari besar tertentu, Sijum membagikan makanan gratis untuk warga,” jelas Rita.

Dalam hadits riwayat Abu Muslim Al-Ashbani, ada tiga perkara, siapapun yang ada padanya kelak, akan dinaungi Allah di bawah Arsy-Nya di hari tidak ada naungan kecuali naungan-Nya, yaitu berwudhu pada waktu cuaca dingin, mendatangi masjid meskipun gelap, dan memberi makan orang yang kelaparan.

Agenda rutin

Karena hal itulah Rita Suningsih bersama anggota Persit Koramil 1508/Cidahu membagikan puluhan paket sembako kepada supir angkot, ojek dan masyarakat sekitar. “Kegiatan ini merupakan agenda rutin kami setiap hari Jumat, dan ini terbuka bagi siapapun yang ingin berbagi, tidak hanya bagi anggota Persit saja,” paparnya.

Ia berharap, aksi sosial ini bisa menjadi inspirasi yang menggugah masyarakat lain untuk membantu warga yang membutuhkan bantuan. Sebab, saat blusukan, ternyata masih banyak orang yang memerlukan perhatian. “Mudah-mudahan setelah ini makin banyak orang yang mau menjadi donatur,” harapnya.

Sementara itu, Rita Suningsih pun membuka peluang bagi yang ingin ikut berpartisipasi memberikan donasi saat sedekah hari Jumat nanti, bisa langsung menghubunginya dengan mendatangi ke Makoramil 1508/Cidahu. (Salawati/SGO)