Jadikan Akhlak Rasulullah SAW sebagai Teladan

oleh -81 views

KUNINGAN, (SGOnline).-

Sebagai bentuk syukur dan kecintaan terhadap Rasulullah SAW, Kodim 0615 Kuningan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 Hijriyah, Senin (25/11/2019) di Masjid An-Nur Kodim 0615 setempat.

Kegiatan tersebut dihadiri Kasdim 0615, perwira, staf, danramil, anggota TNI, ASN Kodim serta warga sekitar. Peringatan Maulid Nabi digelar secara sederhana namun tetap khidmat dengan penceramah KH. Jaja dari Desa Kertawangunan.

Dalam tausiyahnya, KH. Jaja mengatakan, di bulan Rabiul Awal ini Rasullulah SAW dilahirkan dan ada peristiwa penting lainnya, yaitu pasukan burung ababil berhasil mengalahkan pasukan gajah Raja Abrahah yang berencana menghancurkan Kakbahnya Allah SWT.

“Ada dua kekuasaan Allah SWT ditunjukkan pada bulan Rabiul Awal, yakni kelahiran Rasulullah SAW dan dengan kekuasaan Allah SWT memerintahkan pasukan ababil untuk meluluhlantakkan pasukan gajah yang akan menghancurkan Kakbah,” ujarnya.

Selain itu KH. Jaja pun berpesan, ada lima akhlak Nabi yang patut dijadikan keteladanan, pertama Nabi Muhammad SAW sangat takut terhadap Allah SWT, kemudian Rasulullah senantiasa menghormati orang tuanya terutama ibunya dan juga menghormati istr- istrinya, selanjutnya Rasulullah memiliki sifat penyayang karena Nabi senantiasa menyayangi anak-anaknya dan selalu memuliakan tetangganya.

“Serta kunci keberhasilan yang diperoleh Kanjeng Nabi Muhammad SAW adalah karena sifat dan sikap akhlakul karimah yang senantiasa dilakukannya,” tuturnya kepada jamaah yang hadir.

Sementara itu, Kasdim 0615 Mayor Inf Dedi Suhardjito mengatakan, dengan adanya peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, maka diharapkan bisa menerapkan akhlak mulia Rasullulah SAW dalam kehidupan sehari-hari guna mewujudkan prajurit dan ASN TNI AD yang profesional dan menjadi kebanggaan rakyat.

“Nabi Muhammad SAW, orang yang patut dicontoh karena beliau sebagai panutan dan sudah dijamin Allah SWT masuk surga. Rasullullah SAW selalu menghargai kedua orang tua yaitu ibundanya. Rasullullah menjelaskan surga ada di telapak kaki ibu, kemudian Nabi memberikan contoh segala apa yang diperbuat hendaknya kita selalu jadi pengikutnya,” ujarnya. (Andin/SGO)