Jelang Panjang Jimat Keraton Kacirebonan Gelar Pelal Alit

oleh -2 views

CIREBON, (SGOnline).-

Keraton Kacirebonan menggelar hajat “Pelal Alit”, menjelang puncak peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, yang bakal dilangsungkan, Kamis (29/10/2020) sore.

Tradisi tersebut diselenggarakan rutin setiap tanggal 8 Maulid. Acara pelal alit ini diawali dengan persiapan di dapur yang dilakukan kaum istri Keraton Kacirebonan untuk membuat tumpeng dan lauk pauk.

Selanjutnya makanan tersebut dikirim ke ruang Prabayaksa. Di tempat ini kemudian digelar doa, Salawat Nabi serta membaca kitab Barzanji yang dihadiri Sultan Kacirebonan ke-IX, Pangeran Raja Abdul Gani Natadiningrat didampingi putra mahkota, Elang Pangeran Muhammad Raja Kusuma Natadiningrat bersama kerabat keraton lainnya.

Sultan Kacirebonan ke-IX, Pangeran Raja Abdul Gani Natadiningrat, menuturkan, tradisi Pelal Alit ini adalah upacara selamatan dan bersedekah.

“Pada Pelal Alit kami hanya mengeluarkan satu piring panjang utamanya saja, jadi bukan tujuh piring. Kalau tujuh piring nanti disajikan pada saat pelal utama. Setelah berdoa dan membaca kitab barzanji, kami membagikan nasi tumpeng atau nasi jimat kepada keluarga Keraton Kacirebonan,” jelasnya.

Di masa pandemi Covid-19, Sultan mengakui, ada sejumlah tradisi yang ditiadakan. Tradisi Pelal Alit juga digelar dengan protokol kesehatan.

“Pada tahun sebelumnya, setelah Pelal Alit, pada malam harinya kami lanjutkan dengan tradisi Brai atau Gembyungan. Soalnya, Pemkot Cirebon menerapkan pembatasan aktivitas, maka tradisi Brai ditiadakan,” ucapnya. (Andi/SGO)