Jepang Lirik Produksi Masker Buatan Plumbon

oleh

CIREBON, (SGOnline).-

Bupati Cirebon, H Imron, meminta seluruh perusahaan agar berinovasi, terlebih saat wabah covid-19 sekarang ini. Dampak pandemi corona, cukup memukul dunia usaha, sehingga mengakibatkan banyaknya karyawan yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

Hal tersebut disampaikan Imron, usai meresmikan PT Cipta Sinergi Asia di Desa Gombang, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon. Perusahaan yang sebelumnya fokus memproduksi lampu LED tersebut, kini merambah pembuatan masker.

Menurut Imron, langkah yang dilakukan PT Cipta Sinergi Asia dengan memilih produksi masker, merupakan inovasi perusahaan dalam menyiasati kondisi yang terjadi. “Karena pesanan lampu sedang berkurang, akhirnya memilih untuk membuat masker,” kata Imron.

Upaya itu, ujar Imron, sebagai salah satu cara perusahaan agar tidak melakukan PHK terhadap karyawannya. Untuk itu, ia meminta perusahaan lain, untuk berinovasi, sehingga tidak ada pengurangan tenaga kerja.

Selain tidak mengurangi pegawai, produksi masker PT Cipta Sinergi Asia juga turut mendukung penanganan covid-19 di Indonesia dan luar negeri. Sebab, masker ini bukan hanya dipesan di dalam, tapi juga luar negeri. “Sudah ada pesanan dari Jepang sebanyak 10 juta masker,” kata Imron.

Pesanan lampu turun

Direktur PT Cipta Sinergi Asia, Comano membenarkan, jika perusahaannya menambah divisi masker. Inovasi itu dilakukan, karena menurunnya pesanan lampu akibat adanya wabah covid-19 ini, sekaligus menghindari PHK.

Ia mengungkapkan, dengan upaya tersebut akhirnya tidak ada satu karyawan pun yang di PHK. Bahkan justru berencana menambah pegawai. “Dengan tambahan divisi masker, malah kita berpotensi menambah pekerja,” ujar Co.

Lebih jauh Comano mengemukakan, untuk pesanan dalam negeri tercatat 4,5 juta masker. Sedangkan Jepang memesan 10 juta masker dan siap diekspor. Dirinya berharap, pesanan masker baik di dalam maupun luar negeri terus bertambah banyak. (Andi/SGO)