Jumlah Pasien Positif Corona di Kota Cirebon Tercatat 10 Orang

oleh

CIREBON, (SGOnline).-

Jumlah pasien terkonfirmasi positif covid-19 di Kota Cirebon per Kamis, 11 Juni 2020 tercatat 10 orang. Jumlah itu terbagi 2 orang meninggal dunia, 6 orang sembuh, 4 orang dalam pemantauan (ODP) dan 2 pasien dalam pengawasan (PDP).

Menyikapi hal itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon gencar melaksanakan program rapid test massal guna memutus mata rantai penularan covid-19. Rapid test (antibody IgM, IgG) covid-19 bukan diagnosa covid-19, tetapi sebagai screening/seleksi/pilah antara yang berpotensi atau yang tidak berpotensi terinfeksi Covid-19, karena ada keluhan klinis, risiko terpapar dan sebagainya.

Dari rilis yang diterima Surya Grage Online, Jumat (12/6/2020), walau bukan diagnosa klinis, pemeriksaan ini sangat membantu dalam memutus mata rantai penularan. Untuk itu, bagi seluruh masyarakat Kota Cirebon agar tidak takut mengikuti program rapid test massal.

Pengambilan sampel

Pemeriksaan diagnosa virus yang sebenarnya untuk covid-19 adalah real time-PCR (RT-PCR) dengan reagent isolasi covid-19 murni melalui pengambilan sampel virus prosedur swab/usapan pada rongga hidung dan tenggorokan.

Di Kota Cirebon sudah tersedia alat Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk mendeteksi pasien covid-19, sehingga proteksi dini warga dari paparan covid-19 bisa segera dilakukan.

“Bagi masyarakat yang masih melakukan perjalanan ke luar kota untuk selalu bekerja sama dengan petugas saat dilakukan pemeriksaan. Terima kasih untuk seluruh lintas sektor yang turut ambil bagian dalam pemutusan mata rantai penularan covid-19,” ujar Tim Gugus Tugas. (Rilis/Erwin)