Jumlah PBI Kota Cirebon Naik Jadi 107.000 Jiwa

oleh -9 views


CIREBON, (SGOnline).-

Komisi III DPRD Kota Cirebon menggelar rapat kerja bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Bagian Hukum Pemkot Cirebon. Pertemuan tersebut membahas kelanjutan program peningkatan Universal Health Coverege (UHC), di Gedung DPRD setempat, Rabu (13/1/2021).

Ketua Komisi III, Tresnawaty, mengatakan, rapat ini untuk menindaklanjuti rencana yang sudah dimulai sejak November 2020, yakni terkait kesepakatan antara Dinkes dan Komisi III DPRD Kota Cirebon untuk merevisi Surat Keputusan (SK) Walikota Cirebon soal jumlah penerima bantuan iuran (PBI) BPJS Kesehatan tahun 2021.

“Semula berjumlah mencapai 87 ribu lebih menjadi 107 ribu lebih penerima PBI BPJS Kesehatan. Hari ini untuk menindaklanjuti sejauh mana proses kesepakatan sejak November tersebut, ternyata sangat mengecewakan. Karena saat dicek kepada Bagian Hukum Pemkot Cirebon, mereka belum tahu ada kesepakatan tersebut,” ujarnya.

Dengan perubahan itu, lanjut dia, akan ada 20 ribu peserta baru yang masuk menjadi penerima PBI BPJS Kesehatan. Sementara itu, Badan Anggaran DPRD Kota Cirebon sudah menganggarkan, termasuk untuk penambahan penerima baru sebesar Rp29 miliar. “Jadi DPRD Kota Cirebon sudah menganggarkan, tetapi hingga ke bawah ternyata tidak menyelesaikan hal teknisnya,” katanya.

READ  Kapolres Cirebon Kota Rangkul Organisasi Kemasyarakatan