Kadin Sebar Ratusan Paket Sembako untuk Pekerja dan UMKM

oleh -129 views
Ketua Kadin Kota Cirebon, Yuyun Wahyu Kurnia (berpeci) menyerahkan paket sembako di Sekretariat Kadin Kota Cirebon, Sabtu (8/8/2020).

CIREBON, (SGOnline).-

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Barat bekerja sama dengan Kadin Kota Cireon membagikan 300 paket sembako. Sasaran bakti sosial tersebut adalah masyarakat pekerja dan pelaku UMKM terdampak covid-19.

“Kami dari Kadin Jabar bersama Kadin di daerah, termasuk Kota Cirebon ingin berkontribusi terhadap masyarakat terdampak pandemi virus corona. Sebab, kita semua tahu, covid-19 ini menjadi kendala pengembangan ekonomi,” kata Ketua Kadin Jabar, Tatan Pria Sudjana didampingi Ketua Kadin Kota Cirebon, H Yuyun Wahyu Kurnia, di sela pembagian paket sembako di Sekretariat Kadin Kota Cirebon, Jalan Terusan Pemuda, Sabtu (8/8/2020).

Ia berharap, kontribusi yang diberikan Kadin bisa kembali menggerakkan akselerasi ekonomi, khususnya bagi kebangkitan sektor UMKM. Terlebih, baksos yang dimotori Kadin Jabar tersebut dilakukan serentak di 27 kota dan kabupaten di seluruh Jawa Barat.

“Setiap daerah disebar 300 paket sembako, seperti halnya di Kota Cirebon ini. Tapi yang pasti, bantuan ini bukan yang terakhir, karena Kadin juga merencanakan penyaluran alat pelindung diri atau APD kepada instansi yang membutuhkan. Kontribusi ini akan terus berjalan seiring kebijakan Pak Gubernur yang mengharapkan adanya peran aktif masyarakat untuk membantu sesama,” tandasnya.

Tanggung jawab moral

Sementara itu, Ketua Kadin Kota Cirebon, H Yuyun Wahyu Kurnia, menambahkan, Kadin Kota Cirebon sangat mendukung langkah yang ditempuh Kadin Jabar. Sebab, ia menilai, pekerja maupun sektor UMKM banyak yang terdampak wabah corona, sehingga harus ikut diperhatikan.

“Memang pemerintah, baik pusat, provinsi maupun daerah banyak membantu sektor UMKM maupun sektor lainnya, agar segera bangkit dari keterpurukan. Nah, Kadin juga memiliki tanggung jawab moral untuk ikut berkontribusi terhadap persoalan bersama ini,” ungkapnya.

Yuyun Wahyu Kurnia meyakini, jika pemerintah dan elemen masyarakat bahu membahu sesama yang terdampak covid-19, maka ekonomi masyarakat segera pulih. Namun dirinya mengingatkan masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan, terutama memakai masker jika beraktivitas di luar rumah, jaga jarak dan hindari kerumunan.

“Penanganan wabah virus corona ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga seluruh komponen bangsa, termasuk Kadin. Untuk itu, mari kita bangun kedisiplinan bersama dengan cara patuhi protokol kesehatan agar pandemi covid-19 segera berakhir dan kehidupan kita kembali normal,” paparnya. (Ruddy/SGO)