Kantor Kecamatan di Kabupaten Cirebon Bakal Terapkan PATEN

oleh -39 views

CIREBON, (SGOnline).-

Seluruh kantor kecamatan di Kabupaten Cirebon bakal menerapkan pola pelayanan administrasi terpadu kecamatan (PATEN). Upaya itu bertujuan untuk menciptakan suasana baru dalam mengurus berbagai macam administrasi pemerintah yang dibutuhkan masyarakat.

Namun sebelum penerapan PATEN, Pemkab Cirebon menggelar bimbingan teknis (bimtek) untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas petugas PATEN. Bimtek yang dipusatkan di Hotel Apita dihadiri Bupati H Imron Rosyadi, Sekda H Rahmat Sutrisno, camat se-Kabupaten Cirebon dan tamu undangan lainnya, Selasa (12/11/2019).

Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Setda, Doddy Mulyono menyatakan, bimbingan teknis ini mewajibkan petugas PATEN untuk memberikan pelayanan yang cepat, transparan, nyaman, terukur waktu, jelas biaya dan tepat prosedur kepada masyarakat.

“Maksud dan tujuan bimbingan teknis ini untuk memberikan penyegaran informasi bagi petugas paten dalam memberikan pelayanan, meningkatkan kualitas dan kapasitas dalam pelayanan. Pada gilirannya, masyarakat mendapat kepastian waktu atas perizinan yang diajukan ke kantor kecamatan,” kata Doddy.

Usai acara, Bupati Imron, dengan PATEN pelayananan kepada masyarakat menjadi lebih cepat, baik dan optimal. Untuk izin berskala kecil, seperti Izin Mendirikan Bangunan (IMB) baru, pengembangan dan lain sebagainya bisa di kecamatan, sehingga masyarakat tidak usah jauh-jauh sampai ke tingkat kabupaten “Kalau ini sudah berjalan bagus, baik dan optimal, maka pelayanan pelayanan kepada masyarakat akan semakin baik,” tuturnya. (Mad/SGO)