Kasus Covid-19 Naik, Pemkot Cirebon Segera Gelar Razia Masker

oleh -87 views

CIREBON, (SGOnline).-

Walikota Cirebon, H. Nashrudin Azis, meminta warga agar meningkatkan kedisiplinan dalam mengikuti protokol kesehatan. Hal ini berkaitan dengan penambahan kasus positif covid-19 di Kota Cirebon.

Hal itu disampaikan Azis usai mengikuti video conference (Vicon) dengan Gubernur Jawa Barat, H Ridwan Kamil, di Balai Kota Cirebon, Jumat (3/7/2020).

Ia mengatakan, kasus covid-19 bertambah cukup signifikan, yakni hingga 7 orang. “Kurang disiplin dan bepergian keluar kota, menjadi penyebab utama penambahan kasus covid-19. Untuk itu, saya mohon kepada seluruh masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan. Sebab bahaya covid-19 belum berakhir,” tandasnya.

Azis mengemukakan, keluarga yang terkena infeksi covid-19 ini baru saja melakukan perjalanan ke Jakarta. Diduga, dalam perjalanan itu keluarga tersebut terpapar covid-19 dan jumlahnya hingga 7 orang.

“Jangan sampai AKB menjadi bahaya baru, sehingga kami akan mengubah kebijakan. Jika perlu, kami akan menerapkan kembali PSBB seperti sebelumnya,” kata Azis.

Pusat keramaian

Sebagai langkah antisipatif, Pemkot Cirebon akan melakukan razia masker. Razia akan menyasar beberapa lokasi yang banyak dikunjungi masyarakat, seperti pasar, jalan raya, mall dan pusat keramaian lainnya.

Sementara itu, Kasatpol PP, Andi Armawan, menegaskan, akan menindaklanjuti rencana razia masker. “Kami akan segera berkoordinasi dengan semua pihak, terutama TNI Polri dalam pelaksanaan razia masker,” ujar Andi.

Di bagian lain, Gubernur Jawa Barat, H Ridwan Kamil, meminta warga Jabar, khususnya Kota Cirebon untuk selalu meningkatkan kewaspadaan. Terutama, saat hendak melakukan perjalanan ke luar kota.

“Bila perlu mereka harus membuat surat pemberitahuan, sehingga pemerintah mengetahui perjalanan tersebut. Mereka yang melakukan perjalanan menjadi prioritas pemeriksaan, seperti rapid test,” tandasnya. (Rilis/Erwin/SGO)