Kawasan TNGC yang Terbakar Didominasi Ilalang dan Pohon Sonokeling

oleh -168 views

KUNINGAN, (SGOnline).-

Saat rakyat Indonesia memeringati HUT ke-75 Kemerdekaan RI, kebakaran hutan melanda kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), Senin (17/8/2020) petang.

Peristiwa kebakaran itu menghanguskan lahan seluas 15 hektare. Area yang terbakar didominasi ilalang dan pohon sonokeling di Blok Cirendang, Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan.

Humas Balai TNGC, Agus Yudantara menjelaskan, ia mendapat informasi adanya titik api pada Senin siang sekitar pukul 12.00 WIB. Tim gabungan yang terdiri dari Balai TNGC, TNI, Polri, BPBD dan masyarakat setempat langsung mengejar titik api.

Agus juga menjelaskan, proses pemadaman api yang dilakukan puluhan personel gabungan itu terkendala kondisi angin kencang serta medan yang berbatu.

“Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 20.00 WIB. Akibat angin kencang dan medan bebatuan, pemadaman jadi terkendala. Tapi sekarang dipastikan titik api sudah padam,” ungkapnya.

Untuk penyebab kebakaran, saat ini instansi terkait masih melakukan penyelidikan. Namun kuat dugaan api berasal dari pembakaran sampah yang merambat ke lahan.

Untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran susulan, dilakukan pembasahan dengan dua unit mobil tangki air dari Kebun Raya Kuningan (KRK).