Ke Cirebon? Tak Lengkap Rasanya Bila tidak Kunjungi Goa Sunyaragi

oleh -87 views

CIREBON, (SGOnline).-

Destinasi wisata Goa Sunyaragi Cirebon memiliki kekayaan sejarah dan budaya. Lokasinya pun mudah dijangkau karena berada di salah satu jalur utama Bandung-Jakarta. Goa Sunyaragi ini menawarkan keelokan yang tiada tara. Maka dari itu, tak lengkap rasanya jika ke Cirebon, namun tidak bertandang ke tempat bersejarah ini.

Menurut pengelola Goa Sunyaragi, Isyanto, jumlah pengunjung jika hari Senin sampai Jumat berkisar antara 500 sampai dengan 700 orang. Adapun untuk hari Sabtu dan Minggu ada peningkatan, biasanya bisa mencapai 2.500 hingga 3.000 pengunjung.

Ditanya soal pengelolaan, Isyanto mengaku merasa kesulitan karena dalam penanganannya masih dilakukan sendiri, yakni dari segi kebersihan, parkir, wahana maupun pemandu dikelola sendiri. Bahkan untuk pemandu jumlah masih kurang, terutama yang memiliki kemampuan berbahasa asing.

“Untuk saat ini masih banya pengunjung yang perlu pemandu. Namun jumlahnya masih sedikit, apalagi yang memiliki kemampuan berbahasa asing. Peminat untuk menjadi pemandu sangat kurang, kami merasa kalangan generasi muda di Cirebon belum tertarik untuk menjadi pemandu pemandu. Kalau ada yang minat apalagi bisa berbahasa asing, kami sangat welcome,” paparnya, Minggu (3/11/2019).

Disinggung perhatian Pemkot Cirebon terhadap Goa Sunyaragi, Isyanto mengaku jika perhatian pemerintah daerah masih kurang, baik dalam bentuan bantuan maupun upaya pemkot lebih memperkenalkan Goa Sunyaragi ke masyarakat luas. “Untuk itu, kami berharap Pemkot Cirebon memperhatikan aspirasi ini,” harapnya seraya menambahkan jika Goa Sunyaragi berada dalam naungan Keraton Kasepuhan Cirebon.(Mad/SGO)