Kejari Majalengka Terapkan Sidang Vicon di Tengah Pandemik Corona

oleh -39 views

MAJALENGKA, (SGOnline).-

Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Majalengka menerapkan pola baru dalam melaksanakan persidangan di tengah pandemi covid-19. Biasanya, persidangan dilaksanakan secara terbuka di Pengadilan Negeri (PN) setempat, namun kini sidang menggunakan video conference (vicon) guna mencegah penyebaran virus corona.

Kepala Kejari Majalengka, Sri Indarti, menuturkan, sistem persidangan saat ini menggunakanan vicon untuk mencegah sekaligus memutus mata rantai penyebaran covid-19. Penyesuaian pola itu dinilainya tidak mengganggu jalannya sidang dan berjalan lancar seperti biasanya.

“Untuk teknisnya, posisi terdakwa tetap di LP dan hakim berada di Pengadilan Negeri dan jaksa penuntut umum tetap di kantornya. Untuk saksi, sebelum masuk ke kantor Kejari disterilkan dulu,” kata Sri Indarti saat dikonfirmasi via ponselnya, Sabtu (11/4/2020).

Kemudian, disediakan layar lebar atau alat lainnya, sehingga bisa terlihat jelas dan yang membedakan sidang kali ini semua tim tidak duduk bersama. Meski begitu, sebelum vicon, petugas maupun terdakwa disterilisasikan terlebih dahulu kesehatannya, seperti pengecekan suhu tubuh dan penyemprotan disinfektan.

Di bagian lain, ia juga mengajak seluruh elemen masyarakat agar bersama-sama mencegah penyebaran virus corona. Di antaranya, melaksanakan anjuran protokol kesehatan dari pemerintah agar rajin mencuci tangan menggunakan sabun, menghindari kerumunan, menjaga jarak 1-2 meter dalam berinteraksi dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.(Humas Covid-19/SGO)