Kekeringan Makin Kritis, Pemkab Kuningan Gelar Salat Istisqa

oleh -94 views

KUNINGAN, (SGOnline).-

Kekeringan kini melanda di banyak daerah di Indonesia tak terkecuali di Kabupaten Kuningan. Di wilayah yang mendapat julukan Kota Kuda ini, kekeringan dirasakan warga di Kecamatan Karangkacana, Cimahi, Ciwaru, Cibereum, Cidahu dan Kalimanggis.

Kondisi tersebut diperparah dengan munculnya bencana kebakaran hutan dan lahan di Taman Nasional Gunung Ciremai. Awalnya, titik api berada di wilayah Majalengka, namun saat ini merembet ke daerah Kuningan, tepatnya di areal Pesawahan.

Menyikapi fenomena tersebut, Pemerintah Kabupaten Kuningan menggelar salat Istisqa di halaman Gedung Purbawisesa, Senin (8/10/2019) pagi.

Acara tersebut melibatkan seluruh kepala SKPD se-Kabupaten Kuningan, perwakilan pelajar SMA, Polres Kuningan, Kodim 0615 Kuningan, TP PKK, Dharma Wanita, MUI, PCNU dan Baznas Kabupaten Kuningan.

“Terkait salat Istisqa, yang pertama kami menerima masukan untuk melakukan salat tersebut, karena upaya mengirim bantuan air secara merata ke daerah-daerah yang membutuhkan bukan merupakan satu-satunya solusi,” tandas Bupati Kuningan H. Acep Purnama usai melaksanakan salat sunnah memohon hujan kepada Allah SWT tersebut.

Acep menambahkan, dibutuhkan usaha secara batiniyah, yaitu dengan melakukan salat istisqa berjamaah agar diturunkan hujan yang bisa membawa keberkahan yang bisa mengatasi bencana kekeringan.

Selain itu, orang nomor satu di Kuningan ini tengah menyiapkan pembangunan Waduk Cileuweung yang tahap pembangunannya sudah mencapai 90 persen. “Waduk Cileweung ini diharapkan nanti mampu menjadi rembesan untuk masalah kekeringan bagi desa di sekitarnya,” ujar Acep.

Salat Istisqa berakhir pada pukul 10.00 WIB yang dipimpin Ketua Umum Yayasan Husnul Khotimah, KH. Mu’tamad dan KH. Endang Syamsudin sebagai khatib dalam acara tersebut.

KH. Endang Syamsudin, dalam tausiyahnya mengemukakan, apabila manusia telah begitu banyak berbuat dosa maka hujan itu akan ditahan. “Agar Allah menurunkan marilah bersama2 memperbanyak istigfar, berpuasa sunnah dan memperbanyak shadaqah,” ajaknya. (Andin/SGO)