Kelurahan Kesenden Siap Ikuti Lomba Kebersihan RW Tingkat Kota Cirebon

oleh

CIREBON, (SGOnline).-

Dalam rangka Lomba Kebersihan RW tingkat Kota Cirebon yang diselenggarakan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon, Kelurahan Kesenden siap mengikuti kegiatan tersebut.

Kesiapan keiikutsertaan lomba tersebut disampaikan Lurah Kesenden, Rulianto yang mengharapkan dengan adanya Lomba Kebersihan tingkat Kota Cirebon ini di tataran RW mampu menjadikan tolak ukur dan menjadi pemacu ataupun pemicu di seluruh RW yang ada khususnya Kelurahan Kesenden

“Sesuai arahan DLH untuk Lomba RW Bersih dibagi menjadi dua kategori, yaitu RW yang sudah memiliki bank sampah dan RW yang belum memiliki bank sampah, kami akan mengikuti di dua kategori tersebut. Kami mengusulkan dalam lomba tersebut, yaitu RW 4 yang sudah memiliki bank sampah dan RW 5 yang belum memiliki bank sampah, nanti kita cek dari sisi ke administrasian dan lainnya,” ungkap Rulianto.

Ruli juga menambahkan, di wilayahnya yang sudah memiliki bank sampah baru sekitar 50 persen meski sifatnya baru mandiri. Namun pihaknya akan melakukan pendampingan secara administrasi lebih maksimal serta akan berkolaborasi dengan koperasi sehngga menjadi berkembang dan lebih bermanfaat lagi.

“Untuk pelaksanaannya kami menunggu juklak juknis dari tim LH dan akan dikoordinasikan dengan para RW. Mudah-mudahan kami bisa mencapai juara maksimal, tapi bukan itu yang kita yang kita kejar Tetapi bagaimana caranya kita menjaga dan memaksimalkan kebersihan lingkungan RW masing-masing. Ini hanya sebagai pemicu saja bukan semata-mata kita mengejar juara Tetapi bagaimana caranya agar kita memotivasi warga menciptakan lingkungan bersih di rumahnya masing-masing, kalau semua sudah bersih kan tentu bermanfaat bagi kita semua”, tandasnya.

READ  Puluhan Pelajar SMK Diamankan Petugas Polsek Kesambi

Pihaknya juga akan memulai tahapan sosialisasi dengan semua elemen kelurahan seperti karang taruna, PKK, Posyandu dan lain sebagainya. Selain itu Lurah Kesenden juga berharap walaupun yang diusulkan tidak semua RW tetapi karena ini membawa nama Kelurahan kesenden, tentu semua elemen harus mendukung RW yang diusulkan sehingga hasilnya akan lebih maksimal. (Andi/SGO)