Kemensos RI Gelontorkan 5.000 Paket Sembako di Majalengka

oleh

MAJALENGKA, (SGOnline).-

Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia, Edi Suharto, langsung mendistribusikan bantuan paket sembako ‘Kemensos Hadir’ bagi masyarakat terdampak covid-19 di Kabupaten Majalengka, Jumat (26/6/2020).

Penyaluran dipusatkan di halaman Kantor Dinas Sosial Kabupaten Majalengka dan secara simbolis diberikan kepada masyarakat setempat serta mitra Kemensos, seperti karang taruna, PSM, TKSK, Tagana, pendamping PKH dan lain sebagainya.

Turut mendampingi Dirjen, pejabat Kemensos RI serta Kepala Dinas Sosial, H Gandana P dan pejabat di Dinsos setempat. “Penyaluran bansos sembako ini diutamakan bagi masyarakat yang belum tersentuh bantuan apapun dari pemerintah, baik pusat, provinsi maupun kabupaten,” kata Edi.

Dijelaskan dia, untuk jumlah bansos di Kabupaten Majalengka sebanyak 5000 paket. Sedangkan secara nasional, jumlahnya berbeda-beda tergantung situasi dan kondisi kota atau kabupatennya. “Dalam pendistribusiannya kami melibatkan pilar-pilar,” ungkapnya.

Menurut dia, Kementerian Sosial selalu memantau terkait pemerataan bantuan yang diterima masyarakat. Dengan parameter yang sebelumnya ditentukan diawal, maka masyarakat yang menerima bansos tepat sasaran.

“Hari ini saya pantau penyaluran di Majalengka sangat lancar dan tertib. Saya mengapresiasi, sangat bagus dan datanya juga tidak terjadi double,” jelas Edi saat ditemui di lokasi penyaluran bansos.

Langsung disebar

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Majalengka, Gandana, menyampaikan terima kasih kepada Kemensos RI atas bansos sembako yang diberikan.

“Hari ini juga bantuan Kemensos kami salurkan secara simbolis oleh Pak Bupati Majalengka dan Pak Sekda masing-masing 100 paket sembako di Kecamatan Cikijing, Kecamatan Cingambul dan Kecamatan Panyingkiran,” ucapnya.

Selain itu, Kadinsos menyerahkan bantuan kepada warung dan pedagang yang berada di sekitar kantor Dinsos. Salah seorang pedagang siomay yang biasa mangkal di Jl. KH Abdul Halim Kota Majalengka, Asep Hidayat mengucapkan rasa terima kasih atas bantuan yang diterima.

“Saya sehari-hari berjualan siomay. Tapi selama corona saya berjualan tidak menentu. Dengan adanya bantuan ini sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga kami,” katanya. (Rilis/Ruddy/SGO)