Kemiskinan di Kota Cirebon Bisa Dientaskan dengan Kolaborasi

oleh

CIREBON, (SGOnline).-

Kota Cirebon memiliki potensi kelautan yang bisa terus digali. Kemiskinan yang terlihat di Kampung Pesisir Kota Cirebon juga bisa dientaskan melalui kerja sama dan kolaborasi.

Hal tersebut diungkapkan Walikota Cirebon, H Nashrudin Azis, saat menjadi narasumber Dialog Kemaritiman dengan tema “Maritim Jaya Indonesia Hebat (Pelayaran Kebaharian tahun 2021) di Pelabuhan Cirebon, Senin (1/3/2021).

“Berdasarkan peraturan pemerintah No 23 tahun 2014, kewenangan potensi kelautan memang sudah ada di tingkat provinsi. Namun pemerintah daerah, baik kota maupun kabupaten masih memiliki kewenangan untuk melakukan pembinaan hingga pemberdayaan terhadap potensi kelautan yang ada di wilayahnya,” kata Azis.

Diakui Azis, pantai yang dimiliki Kota Cirebon memanjang dari barat ke timur sepanjang 7 km dan dari utara ke selatan sepanjang 11 km. Namun pantai yang tidak terlalu panjang bukan berarti minim potensi. “Justru bisa kita maksimalkan untuk kesejahteraan masyarakat, khususnya yang tinggal di pesisir,” ungkap dia.