Kenali Virus ADWARE

oleh -78 views

Saat kita berselancar di dunia maya (internet) mungkin kita sering mengalami beberapa masalah yang tidak terduga dan tidak di inginkan, kadang muncul pop-up (pemberitahuan) untuk melakukan instalasi sebuah aplikasi atau juga terkadang muncul pop-up berita-berita sampah dan tidak jarang semua itu terjadi karena sesuatu yang tidak kita sadari, ya itu adalah pertanda bahwa perangkat yang kita gunakan terserang adware. Adware tidak hanya menyerang suatu perangkat berbasis Windows semata, Linux ataupun Android terkadang sudah di susupi oleh virus adware, apa itu virus Adware….?

Pengertian Adware

Adware adalah sebuah istilah dalam dunia teknologi yang diambil dari bahasa Inggris. Secara bahasa istilah Adware terdiri dari dua kata, yaitu Ad yang berarti iklan dan Ware yang berarti barang atau aplikasi. Kami mengutip dari beberapa situs tentang pengertian Adware, dapat disimpulkan bahwa pengertian Adware adalah sejenis perangkat lunak yang mempunyai kemampuan untuk menginstalasi dirinya sendiri pada komputer user tanpa diketahui oleh user dan perangkat lunak tersebut akan menampilkan iklan disaat user mencari informasi di internet. Iklan yang ditampilkan oleh Adware berbeda-beda, ada yang bersifat sangat mengganggu seperti munculnya pop-up di desktop atau iklan yang muncul di browser dengan menampilkan mesin pencari khusus.

Apa sih Fungsi dan keuntungan dari Adware?

Adware sendiri memiliki manfaat yaitu penyalur informasi yang mungkin dibutuhkan oleh seorang pengguna dengan menyajikan iklan yang relevan, sementara pengiklan mendapatkan keuntungan dari pengguna dengan menggunakan produk mereka, sementara penyalur iklan mendapatkan keuntungan dari hasil menampilkan iklan kepada pengguna. Yang jadi masalah pada Adware yang sekarang ini lebih dianggap sebagai perangkat perusak yang berbahaya. Terkadang penyalur iklan tidak bertanggung jawab kepada pengguna dengan memaksakan untuk menggunakan produk iklan yang belum jelas informasi dan latar bekalang produk pengiklan yang mungkin memiliki virus berbahaya bagi perangkat pengguna entah itu PC Windows, Linux, Android Smartphone.

Adware PC/Laptop Windows Linux

Adware pada PC biasanya melalui media Instalasi Software dan Downnload Instal Ekstensi pada Browser dengan kelalaian pengguna dalam memilih konten yang dicari. Banyak iklan yang terdapat saat melakukan aktifitas di Internet.

Adware Android

Pada Smarphone atau perangkat Mobile ini adware bisa berasal dari sebuah aplikasi yang akan mengaktifkan iklan saat dijalankan. Bahkan terkadang terdapat aplikasi yang secara langsung mendownload sebuah program aplikasi lain dengan alasan fitur tambahan dari aplikasi tersebut. Terdapat juga iklan yang muncul saat melakukan aktifitas di Internet. Hal tersebut tidak menjadi bahaya yang bisa mengancam sistem dan perangkat pengguna selama Android dalam keadaan Un-Root (Belum di Root) bahkan untuk android yang sudah di Root sendiri harus meminta akses pengguna saat suatu apllikasi menjalankan program yang memerlukan akses untuk memodifikasi file pada System Smartphone.

Sumber Adware dan Cara Adware Menyerang Perangkat Pengguna :

Yang paling sering dari masuknya Adware ke perangkat pengguna adalah kelalaian diri sendiri dalam melakukan instalasi software yang kurang teliti dan berhati-hati. Sebenarnya tidak semua iklan adalah Virus yang berbahaya bagi pengguna, jadi jangan artikan seolah-olah produk tersebut adalah Malware (malicious software) berbahaya bagi perangkat pengguna. Beberapa iklan pada dasarnya memiliki manfaat bagi pengguna, instalasi yang tidak diketahui biasanya bersumber dari ketidak telitian pengguna saat melakukan penginstalan pada suatu program.

Browsing / Download File Di Internet

Browsing di Internet menjadi suatu kebutuhan untuk mendapakan informasi atau mendapatkan file yang dibutuhkan. Tetapi tidak jarang penyedia Website (Publisher) menampilkan iklan diwebsite mereka, terkadang terdapat jenis iklan banner, teks, popup bahkan redirect ads yang akan membawa pengguna masuk ke situs penyedia iklan. Disini juga dibutuhkan ketelitian pengguna untuk membedakan antara iklan dan konten. Iklan memang sering dibuat menyerupai konten sehingga bagi pengguna yang tidak teliti akan mengakses dan mengkonfirmasi iklan tersebut.

Dampak Adware Berbahaya :

Tujuan Adware sendiri hanyalah menampilkan iklan kepada pengguna dan tidak bermaksud merusak sistem. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah bahwa pengiklan bisa saja memasukan produk yang mengandung malware dan spyware yang bermaksud untuk melakukan hacking (Pencurian data) atau perusakan kepada perangkat penngguna, sehingga apapun jenis iklan yang ada harus juga diikuti kehati-hatian pengguna sendiri.
Program Tidak Berguna (Mengganggu)

Useless Program atau program yang tidak berguna dari Instalasi yang tidak disadari dari iklan akan sangat mengannggu karena selain membuat perangkat bekerja lebih karena ditambah aplikasi baru terkadang juga program menambah iklan lebih banyak dengan menawarkan berbagi iklan lainnya.

Conntoh :
– Antivirus dari iklan banyak tidak digunakan dan malah membuat kerja komputer menjadi lebih lambat
– Ekstensi brwoser yang terinstal secara otomatis sehingga Serach Engine pada browser dipaksa untuk menggunakan satu Mesin pencarian tertentu.
Malware
Merusak sistem perangkat penggunna demi mendapatkan keuntungan dari penawaran produk tertentu untuk perbaikan itu sendiri.
Spyware
Memasukan program yang mampu memata-matai aktifitas pengguna serta bisa mencuri data dan informasi pengguna yang mungkin bisa disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab

Cara Mengatasi Adware Di PC dan Android dengan Mudah :

1. Menggunakan Antivirus Terpercaya
Antivirus cukup ampuh untuk menangani Adware, sekalipun Anti Virus tidak menganggap Adware sebagai sebuah Virus yang berbahaya tetapi dengan menggunakan antivirus akan lebih aman karena jika terjadi penginstalan program yang tidak disadari penginstalannya akan langsung dihapus dan digagalkan oleh Antivirus. Serta proteksi Internet saat memasuki situs yang mungkin berbahaya akan secara otomatis diberikan peringatan bahkan juga bisa secara langsunng dicekal untuk mengakses situs tersebut.

2. Lebih Teliti dan Berhati-hati
Point yang ini berasal dari dalam diri penguna yaitu dengan lebih teliti saat melakukan penginstalan suatu program harus dibaca dengan teliti dan membedakan yang mana iklan dan yang mana konten.
Biasanya saat melakukan instalasi software terdapat iklan yang akan terpasang jika pengguna tidak melakukan Custom Installation yang menyebabkan pengguna selain menginstal program yang dimaksud juga melakukan Instal Software program yang tidak diketahui karena kurang teliti dan terburu-buru saat melakukan instalasi
Jika anda melakukan Browsing di Internet, kunjungilah situs yang sudah terpercaya untuk menghindari situs yang secara brutal menyerang pengguna dengan iklan yang tidak baik dan berlebihan. Hindarilah situs yang berlebihan dalam menampilkan iklan, tetapi jangan menggunakan Adblock karena dari situlah publisher atau pemilik website mendapatkan penghasilan dari kegiatannya menulis untuk publik yang dapat digunakan pengguna secara gratis.

3. Hapus AdwarePerikasa aplikasi yang terinstal di computer, biasanya adware menyalurkan iklan saat perangkat terhubung ke Internet. Dengan mendeteksi aplikasi yang menggunakan akses internet tetapi tidak begitu berguna maka program tersebut bisa dicurigai sebagai sumber Adware. Uninstal aplikasi yang dicurigai sebagai sumber dari adware, tetapi harus tetap hati hati jangan sampai salah melakukan Uninstall yang bias menyebabkan perangkatmu menjadi kacau.
(dikumpulkan dari berbagai sumber)