Kepala Desa Tercepat Lunas PBB Diganjar Penghargaan

oleh -50 views

CIREBON, (SGOnline).-

Sebanyak 40 desa di Kabupaten Cirebon terpilih sebagai desa berprestasi dalam pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Namun pemberian penghargaan kepada desa tersebut dilakukan dengan cara tanpa undian dan diundi.

Untuk kategori desa tanpa undian, yakni lunas PBB tercepat berdasarkan kategori target dan lunas PBB terbesar se-Kabupaten Cirebon. Sedangkan untuk desa yang diundi meliputi, lunas PBB tercepat sampai tanggal 31 Juli 2018, lunas PBB berturut-turut selama 4 tahun dari tahun 2015-2018, lunas PBB berturut-turut selama 5 tahun dari 2015-2019, lunas PBB berdasarkan kategori target dan lunas PBB sampai dengan tanggal 5 November 2018.

Pemberian penghargaan kepada kepala desa berprestasi dalam percepatan dan pelunasan PBB perdesaan dan perkotaan (PBB-P2) di Kabupaten Cirebon tahun 2019 tersebut digelar di ruang Nyi Mas Gandasari, Setda setempat, Jumat (13/12/2019). Tampak hadir, Bupati Cirebon H Imron Rosyidi, Kepala Dinas Pengelolaan dan Pendapatan Daerah (Bappenda), Erus Rusmana, Kabid Pemdes Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMP) Nanan Abdul Manan, camat dan seluruh kepala desa/lurah.

Bupati Cirebon, H Imron Rosyadi menyatakan, atas nama pemerintah daerah dirinya berterima kasih dan menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada desa yang berprestasi atas raihan yang sudah dicapai. Sebab bagi Pemkab Cirebon, kepala desa merupakan pahlawan-pahlawan pendapatan asli daerah (PAD).

“Marilah kita jadikan momen ini sebagai tonggak awal pergerakan perubahan bagi kemajuan daerah dan desa. Kuwu sebagai garda terdepan yang berhadapan langsung dengan masyarakat mampu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk taat membayar pajak. Sebab pada hakekatnya, pajak adalah salah satu modal pembangunan dan PBB memiliki kontribusi yang sangat besar terhadap kemajuan daerah,” tandasnya.(Effendi/SGO)