Kerukunan Antar Umat Beragama, Modal Penting Kemajuan Kabupaten Cirebon

oleh

CIREBON, (SGOnline).-

Bupati Cirebon, H Imron, meminta seluruh umat beragama bisa hidup rukun. Sebab, hal tersebut merupakan salah satu unsur penting yang mendorong kemajuan sebuah wilayah.

Maka dari itu, Imron meminta kepada seluruh warganya, untuk bisa memahami agama secara utuh. Dengan memiliki pemahaman kuat, maka tidak ada lagi yang diperalat untuk kepentingan lain, dengan dalih agama.

“Semuanya harus akur dan kondusif, agar bisa membangun bersama Kabupaten Cirebon,” ujar Imron, saat menghadiri sosialisasi Toleransi dan Kerukunan dalam Kehidupan Beragama Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat (PAKEM) yang digelar Badan Kesbangpol setempat, Senin (20/7/2020).⠀

Bupati menyebutkan, kerap muncul aliran baru di tengah masyarakat. Aliran-aliran tersebut berawal dari gerakan yang ingin berusaha melakukan rekonstruksi inovasi terhadap ajaran konvensional dan normatif dalam sebuah agama. “Tapi usaha yang dilakukan sering kali menciptakan aliran-aliran yang menyimpang,” kata Imron.

Beragama

Dalam kesempatan tersebut, mantan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Cirebon itu, menekankan pentingnya pemahaman tentang Pancasila. Menurutnya, orang yang beragama pasti Pancasilais dan orang yang Pancasilais, pasti orang yang beragama. “Soalnya, di Pancasila, terdapat Ketuhanan Yang Maha Esa,” tegasnya.

Untuk memastikan terciptanya kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Cirebon, Imron mengajak tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat, untuk menjadi agen perdamaian dan kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Cirebon. (Andi/SGO)