Ketua KPA: Jangan Sampai Kota Cirebon Jadi Lautan HIV

oleh
Sri Maryati

CIREBON, (SGOnline).-

Jumlah penderita HIV-AIDS di Kota Cirebon terus mengalami peningkatan. Mengacu hasil laporan Dinas Kesehatan Kota Cirebon, per Kamis (18/6/2020), ada kenaikan dua lagi menjadi total 155 kasus HIV positif.

Ketua KPA Kota Cirebon, Sri Maryati, mengungkapkan, tahun ini jumlah kasus HIV di Kota Cirebon temuannya lebih banyak daripada tahun 2019 lalu yang hanya 127 kasus. “Baru pertengahan tahun 2020 jumlahnya sudah meningkat menjadi 155 kasus,” ungkapnya.

Sri mengungkapkan, penularan HIV lebih banyak diakibatkan hubungan seks bukan dari jarum suntik atau narkoba. “Sejak tahun 2009 sampai hari ini, penularan HIV itu lebih banyak melalui hubungan seks,” ujarnya.

Dijelaskannya, usia uang paling rentan terjangkit HIV adalah 20 tahun ke atas dan menyerang pasangan suami istri. Untuk itu, ia meminta agar suami atau istri setia dengan pasangan masing-masing, dan bukan dengan gonta ganti pasangan.

Untuk itu, Sri berharap, dalam memerangi HIV-AIDS di Kota Cirebon, harus didukung penuh Dinas Kesehatan dan semua stakeholder, termasuk kalangan jurnalis. “Jangan sampai Kota Cirebon menjadi lautan HIV,” tambahnya. (Andi/SGO)