Kisah Hidup Ratna Juwita Sari (Ratna Ong)

oleh
Ratna Juwita Sari dan kelg/istimewa

ADA pepatah dari Tiongkok 在我们生存,追求成就的同时,让回忆永远被记住 Zài wǒmen shēngcún, zhuīqiú chéngjiù de tóngshí, ràng huíyì yǒngyuǎn bèi jì zhù. Artinya, selagi kita hidup, kejarlah prestasi, tinggalkan kenangan untuk dikenang sepanjang masa.

Setiap kali kereta api memasuki Stasiun Cirebon, kita akan mendengar lagu Kota Cerbon diciptakan Mamae Titin dan penyanyinya adalah Ratna Juwita Sari atau Ratna Ong.

Ratna Juwita Sari, lahir pada 23 Februari 1961 di Cirebon. Ia sudah menyanyi sejak kelas 2 SMA BPK Penabur Cirebon tahun 1979 dan sampai saat ini Ratna Juwita Sari masih aktif menyanyi.

Saya teringat tahun 1980an-2007, setiap menghadiri pesta pernikahan, Ratna Juwita Sari-lah penyanyinya. Saya paling suka mendengar Ratna Juwita Sari, karena suara merdu dan ia dikenal jago menguasai panggung.

 

Pasangan serasi

Ratna Juwita Sari menikah dengan Cucun Ding Dong, pada 1 Februari 1987 di Cirebon. Dari pernikahan tersebut ia dikaruniai dua putri cantik, yaitu Fika dan Femmy.

Cucun Ding Dong, atau suami Ratna Juwita Sari ini terkenal sebagai master of ceremony (MC). Mereka pasangan serasi. Cucun Ding Dong dapat berinteraksi dengan penonton, sehingga membuat suasana jadi hidup, tidak monoton.

Ratna Juwita Sari sendiri mampu menghasilkan 6 album, salah satu albumnya berjudul Kota Cerbon (Pop Tarling). Ratna Juwita Sari memiliki butik dan Koleksi Pribadi Ratna Juwita Sari di Jalan Merdeka 21 Cirebon. Mereka berdua merupakan legenda, karena karya-karyanya akan selalu dikenang sepanjang masa. (SGO)

Oleh Jeremy Huang