Kisah Inspiratif Sandy Widjaja, Ketua Asosiasi Exportir Sayur dan Buah Indonesia (AESBI)

oleh -1.399 views

SEBUAH kalimat penuh makna tampaknya menjadi pedoman hidup Sandy Widjaja, yakni 生活必须受益并赋予他人意义。成为我们生活中的盐。Shēnghuó bìxū shòuyì bìng fùyǔ tārén yìyì. Chéngwéi wǒmen shēnghuó zhōng de yán. Artinya, hidup itu harus memberi manfaat dan memberi arti kepada orang lain. Menjadi garam bagi sekitar hidup kita.

Sandy Widjaja merupakan anak ke-8 dari Surya Widjaja (Lie Siong Sen). Pada tahun 1991, ia menikah dengan Chua Lie San dan dikaruniai 3 buah hati. Pertama, Gabriella Linardi, kedua, Jocelyn Linardi, anak ketiga bernama Adeline Linardi.

Sandy Widjaja menjabat sebagai Ketua Asosiasi Exportir Sayur dan Buah Indonesia dan juga sebagai Ketua PEXI Jabar. Bahkan berkat keuletan dan kepeduliannya terhadap sesama, Sandy Widjaja memiliki kebun sayur dan buah yang diberi nama Bukit Sandy di Desa Mekarsaluyu, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Bukit Sandy merupakan salah satu kawasan agro wisata di Kabupaten Bandung.

Sandy Widjaja mengekspor sayur dan buah sampai ke Singapura. Ia juga mendistribusikan komoditas tersebut ke retail-retail di Indonesia. Ada kebiasaan unik sekaligus jiwa sosial tinggi yang ditunjukkan seorang Sandy Widjaja.

Sandy Widjaja berpose bersama kuda kesayangannya.

Ngajak warga makan-makan

Yakni, setiap tahun beliau mengajak orang-orang usia lanjut di sekitar Bukit Sandy, makan-makan di restoran dan jalan-jalan ke mall. Kemudian pulang dari makan-makan dibawakan handuk dan sembako.

Ternyata banyak di antara mereka yang belum pernah ke mall. Momentum tersebut tentu menjadi hiburan tersendiri bagi mereka, sekaligus memberikan pengalaman baru yang belum mereka rasakan selama ini. Kebiasaan Sandy Widjaja tersebut tentu saja memberikan manfaat besar bagi warga sekitar.

Salah satu warga yang diajak makan dan jalan ke mall bernama Ibu Mimih Wati. Perempuan lanjut usia ini merupakan penjual lotek di Desa Mekarsaluyu. Ia menceritakan pengalaman berharga yang belum dia dapatkan selama ini.

“Pak Sandy Widjaja ini orang baik. Setiap tahun selalu mengajak Mimih makan dan jalan-jalan ke mall. Buat Mimih, makan dan jalan-jalan jadi pengalaman berharga yang tidak terlupakan,” ungkapnya. (*)

Oleh Jeremy Huang