Kisah Kedermawanan Mayor Tan Tjien Kie yang Melegenda

oleh -478 views
Foto: Mayor Tan Tjien Kie/istimewa

SEBUAH pepatah bijak mengatakan, 当我们忘记历史时,我们将被忘记历史 Dāng wǒmen wàngjì lìshǐ shí, wǒmen jiāng bèi wàngjì lìshǐ. Artinya ketika kita melupakan sejarah, kita akan dilupakan sejarah.

Mayor Tan Tjien Kie adalah tokoh besar abad ke-19. Ia banyak memberikan sumbangan dari dana pribadi. Mayor Tan Tjien Kie banyak jasanya, di antaranya membangun tembok makam Chen Sam Tjai (Aria Tjoela, kita lebih mengenal dengan sebutan Sam Tjai Kong) di Sukalila Utara.

Jasa besar lain dari Tan Tjien Kie, adalah membeli tanah di daerah Kalitanjung atau lebih dikenal dengan nama Ku Tiong. Lahan itu dijadikan tanah pemakaman bagi warga Tionghoa.

Beliau juga merenovasi Kelenteng Tiao Kak Sie di Pelabuhan dan Kelenteng Talang. Termasuk memberikan sumbangan untuk pembangunan rumah sakit sebesar 10.000 Gulden dan juga memberikan sumbangan untuk Tionghoa Hwee Koan.

Mayor Tan Tjien Kie banyak jasanya bagi masyarakat. Sosok dermawan ini juga membangun hotel mewah untuk putrinya. Upacara penguburannya dihadiri ribuan orang, juga Resident Cirebon, Sri Susuhunan dan Mangkunegara dari Surakarta serta Konsul Jendral dari Tiongkok.