Klaster Perjalanan dan OTG Dominasi Persebaran Covid-19 di Kota Cirebon

oleh -0 views
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon, H Edy Sugiarto

CIREBON, (SGOnline).-

Klaster perjalanan dan rumah tangga mendominasi penularan Covid-19 di Kota Cirebon. Warga diminta tetap disiplin menjalankan gerakan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan di masa pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon, H Edy Sugiarto, usai mengikuti video conference rapat lanjutan penanganan Covid-19 di 8 provinsi di Balaikota Cirebon, Selasa (15/9/2020).

Ia menjelaskan, untuk peta penyebaran Covid-19 tertinggi didominasi klaster perjalanan dan rumah tangga. “Klaster perjalanan 34 persen dan rumah tangga 32 persen. Selain itu, ada pula klaster perkantoran 21 persen, klaster faskes 11 persen dan klaster pasar tradisional 2 persen,” ujarnya.

Pemkot Cirebon, lanjut Edy, juga terus berupaya menekan penyebaran Covid-19. Setiap hari ada tes swab. Selain melakukan testing massal, tracing, treatmen dan isolating bagi yang positif terpapar Covid-19 juga dilakukan petugas kesehatan.

“Namun kami minta masyarakat juga tetap disiplin. Khususnya untuk menjalankan protokol kesehatan berupa 3M. Jika keduanya, baik petugas kesehatan dan masyarakat bekerja sama, kami yakin penyebaran Covid-19 di Kota Cirebon bisa ditekan. Apalagi penyebaran Covid-19 saat ini semakin tinggi dan didominasi orang tanpa gejala,” papar Edy.