Kodim 0615 Fokus di Tiga Titik Kawasan Bencana di Kuningan Selatan

oleh -102 views

KUNINGAN, (SGOnline).-

Kodim 0615/Kuningan melaksanakan operasi bantuan sebagai upaya penanganan bencana, yang merupakan tahapan latihan Posko Penanggulangan Bencana Alam, di Makodim 0615/Kuningan, Selasa (9/6/2020).

Gladi posko tersebut dilakukan untuk mendukung sistem komando siaga tanggap bencana, terkait bantuan TNI kepada pemerintah daerah dalam penanggulangan bencana. Tampak hadir, Danrem 063/SGJ, Kolonel Arm Maryudi dan dandim di wilayah Korem 063/SGJ, sebagai tim penilai.

“Hal ini sesuai UU TNI nomor 34 tahun 2004, yang dalam salah satu klausulnya berbunyi, operasi perbantuan kepada pemerintah daerah dalam penanggulangan bencana alam,” jelas Dandim 0615/Kuningan, Letkol Czi Karter Joyi Lumi.

Dandim mengatakan, fokus yang diambil dalam kegiatan latihan posko dikaitkan dengan seringnya terjadi kebencanaan alam, seperti tanah longsor di tiga kecamatan yang ada di Kuningan Selatan. “Topik yang menjadi pusat perhatian adalah di Kecamatan Selajambe, Subang dan Ciwaru,” paparnya.

Tiga hari

Pelaksanaan penanganan bencana alam, imbuhnya, jika jumlah personel, material dan sebagainya terpenuhi, baru bisa dilaksanakan. Sementara yang dilatihkan pada Gladi Posko yang dilakukan selama tiga hari ini, menyangkut praktik bagaimana birokrasi penanganan bencana itu sendiri.

“Sedangkan untuk aplikasi di lapangan, penanganan bencana ini biasa dilakukan, namun yang sulit itu mensinergiskan koordinasi antar institusi, seperti birokrasi, komunikasi dan pengadministrasiannya,” tandas Dandim. (Ruddy/SGO)