Kodim 0615/Kuningan Ringankan Beban Emak-emak Milenial

oleh -68 views

KUNINGAN, (SGOnline).-

Sebanyak 12 anggota TNI Angkatan Darat dari Kodim 0615 Kuningan melakukan persiapan kerja bakti di aliran Sungai Cigeureung, Blok Pakuon, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jumat (13/12/2019).

Benar saja, volume sampah yang berada di aliran sungai tersebut cukup berat. Sebab bukan hanya sampah rumah tangga, tetapi juga kotoran sapi yang menyumbat aliran sungai yang sejatinya jernih karena bersumber dari mata air.

Seperti diungkapkan Dandim 0615/Kuningan, Letkol Czi Karter Joyi Lumi, upaya persiapan tersebut untuk meringankan beban emak-emak yang akan ikut kerja bakti besok. “Saya sudah turunkan satu regu untuk melakukan persiapan di lokasi, agar emak-emak tidak terlalu berat,” ujar Karter Joyi Lumi yang rencananya akan turun langsung dalam kerja bakti bersama emak – emak dari Komunitas Jaga Pelita.

Pelopor Komunitas Jaga Pelita, Setiowati mengatakan, alasan kerja bakti menyasar lokasi itu karena melihat begitu banyaknya sampah di aliran sungai tersebut, hingga membuat aliran air di bawah jembatan tersumbat. “Banyak sekali sampahnya, sehingga membuat aliran air di bawah jembatan tersumbat. Maka dari itu, kami meminta bantuan dari komunitas lain dan Kodim yang peduli lingkungan untuk mencegah bencana yang datang di musim penghujan,” tandasnya.

Rencananya kerja bakti yang diprakarsai emak-emak milenial yang akan digelar Sabtu (14/12/2019) pukul 08.00 WIB ini akan dibantu pegiat lingkungan, seperti Gema Jabar Hejo, AMPAS, masyarakat sekitar dan pengurus RT setempat. (Andin/SGO)