Komisi III Dorong Dinkes Tingkatkan Layanan Kesehatan

oleh -106 views

CIREBON, (SGOnline).-

Komisi III DPRD Kota Cirebon kembali menggelar rapat kerja, kali ini dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon di Griya Sawala, akhir pekan lalu. Adapun agenda rapat membahas tentang kinerja Dinkes setempat tahun 2019 dan program kerja tahun 2020.

Hadir dalam rapat kerja tersebut, Ketua Komisi III DPRD Kota Cirebon, Tresnawaty dan anggota komisi serta Kepala Dinkes Kota Cirebon, H Edy Sugiarto beserta jajarannya.

Berbagai kinerja dan program kerja Dinkes disampaikan dalam rapat tersebut. Di antaranya tentang persoalan kesehatan, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), program kerja prioritas hingga pelayanan inovasi.

Kepala Dinkes Kota Cirebon, Edy Sugiarto mengatakan, berbagai program kerja dilakukan untuk mewujudkan pelayanan kesehatan yang terlengkap dan bermutu. “Sesuai dengan visi misi Kota Cirebon Sehati, salah satunya mewujudkan kota yang sehat,” ujarnya.

Selain itu, Edy juga menjelaskan terkait program kesehatan prioritas, di antaranya kesehatan ibu, kesehatan anak, pengendalian penyakit menular (HIV-AIDS, tuberkulosis dan malaria) dan pengendalian penyakit tidak menular (hipertensi, diabates, kanker dan kesehatan jiwa). “Kita juga menggalakkan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat serta peningkatan pelayanan serta inovasi dari tingkat puskesmas,” terangnya.

Anggota Komisi III DPRD Kota Cirebon, Dian Novitasari mengemukakan, untuk terwujudnya layanan kesehatan yang maksimal, Dinkes Kota Cirebon agar lebih cepat merespons dalam memberikan pelayanan. “Diharapkan Dinkes cepat memberikan respons dan lebih peka dalam melayani kesehatan masyarakat,” pintanya.

Senada dikatakan Ketua Komisi III DPRD Kota Cirebon, Tresnawaty. Ia menjelaskan, untuk mendapatkan solusi seluruh persoalan kesehatan di Kota Cirebon, perlu adanya komitmen dari seluruh pihak terkait.

“Yang penting layanan kesehatan harus terlayani, baik di rumah sakit daerah maupun swasta. Kami juga rencana akan mengundang direktur-direktur rumah sakit swasta untuk membahas apa saja yang menjadi kendala dan mencari solusi bersama,” tuturnya. (Humas DPRD Kota Cirebon/SGO)