Komposisi AKD DPRD Kuningan Masih Bias

oleh -100 views

KUNINGAN, (SGOnline).-

Suasana gedung DPRD Kabupaten Kuningan yang semula ‘kisruh’ kini terlihat mencair. Hal itu terlihat dari Rapat Paripurna Tata Tertib tentang pengambilan keputusan Rancangan Perubahan Peraturan DPRD No 1 tahun 2018 Tata Tertib DPRD yang digelar, Kamis (7/11/2019) malam berlangsung sukses.

Selain tata tertib, dalam rapat yang digelar hingga malam itu juga menyepakati penetapan Alat Kelengkapan Dewan (AKD). “Penyebaran AKD dilakukan secara proporsional, ya dibagi ratalah, itu ruang komprominya,” ujar Ketua DPRD Kabupaten Kuningan, Nuzul Rachdy.

Namun, ketika ditanya jumlah AKD yang didapat masing-masing “Eks Koalisi”, Zul enggan memberikan keterangan, “Ya lihat saja besoklah, nanti juga kelihatan. Kalau misalkan 3:3 juga itu enggak etis lah. Yang penting kita sudah menyepakati point-point yang dikehendaki masing-masing pihak,” katanya.

Hal berbeda dikatakan Dede Ismail. Ia mengungkapkan jika dalam pertemuan Kamis malam itu ada kata sepakat dan pemahaman bersama dengan membagi seluruh AKD secara merata. “Kalau dari kami, saya sampaikan merata, kalau merata kan ya seimbang,” tandasnya.

Terkait AKD, hingga Sabtu, (9/11/2019) pagi belum ada komposisi yang pasti, namun tersiar kabar jika rencana komposisi AKD: eks koalisi pemerintah mendapat tiga posisi, ketua komisi 1 (PKB), ketua komisi 4 (PDIP) dan ketua baperpemda (PAN). Sedangkan eks koalisi Kuningan Bersatu dapat tiga posisi ketua komisi 2 (Gerindra), 3 (PKS) dan ketua Badan Kehormatan (PPP). (Andin/SGO)