Komunitas Ojol Ikut Kawal Panjang Jimat di Keraton Kanoman

oleh -68 views

CIREBON, (SGOnline).-

Mungkin tidak sedikit orang bertanya-tanya mengapa banyak orang berjaket ojek online hadir pada prosesi Panjang Jimat. Bahkan keberadaan mereka sampai acara pelal selesai atau hingga Senin (11/11/2019) dini hari. Ya, keberadaan ojek online dari beberapa provider yang tergabung dalam Komunitas Ojek Online (Ojol) itu ikut mengawal pelal di Keraton Kanoman Cirebon.

“Kami sengaja hadir di upacara Panjang Jimat ini untuk ikut mengawal, sekaligus sebagai bentuk kepedulian kami terhadap upaya pelestarian seni budaya lokal,” kata sesepuh Komunitas Info Ciayumajakuning (KIJK), Santo atau biasa disapa Babeh Angsan kepada Surya Grage Online, Senin (11/11/2019).

Menurut Babeh Angsan, KIJK adalah wadah yang membawahi 62 jenis ojek online se-Wilayah Cirebon plus luar daerah. Komunitas ini juga merupakan binaan Sultan Keraton Kanoman, Pangeran Raja Muhammad Qodiran. Untuk itulah, sebagai bentuk perhatian kepada pembina komunitas ojol sekaligus wujud kepedulian terhadap upaya pelestarian lingkungan, KIJK melibatkan diri dengan ikut mengawal prosesi Panjang Jimat di Keraton Kanoman.

“Anggota KIJK ini bukan hanya dari Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan saja, tetapi juga dari beberapa daerah seperti Tegal, Ciamis dan Tasikmalaya. Mereka juga ikut hadir di Keraton Kanoman,” ungkap Babeh Angsan.

Babeh Angsan juga menjelaskan, kehadiran driver ojol dari luar kota sifatnya sukarela. Mereka hadir sebagai bentuk penghormatan kepada Keraton Kanoman dan sesama ojol. “Alhamdulillah mereka bisa hadir. Terus terang, komunitas ini banyak sekali manfaatnya, setidaknya kita bisa menambah saudara atau keluarga,” tuturnya.

Ia berharap, seluruh driver ojol dibawah komunitas KIJK lebih profesional dalam menjalankan kewajibannya mengantar penumpang atau barang. Taati semua rambu lalu lintas dan utamakan keselamatan berkendara. Babeh Angsan juga mengingatkan agar anggota komunitas menghargai sesama pengguna jalan raya, sehingga menciptakan suasana kondusif, aman, nyaman dan tertib. (Mad/SGO)