Kondisi Balai Desa Penganjang Sangat Memprihatinkan

oleh -151 views

INDRAMAYU, (SGOnline).-

Masyarakat Desa Penganjang, Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu mendambakan kantor desa yang bagus dan representatif. Sebab saat ini, kantor desa yang mereka miliki kondisinya sudah memprihatinkan. Untuk itu, warga mendesak agar perbaikan kantor desa dapat segera dilakukan.

“Bangunan seluas kurang lebih 200 meter persegi, sejak awal pindah dari Blok Masjid Al-Kharomat yang didirikan pada tahun 1946 atau setelah proklamasi Kemerdekaan baru dua kali direhab, itu pun hanya perbaikan kecil saja,” kata Kuwu Desa Penganjang Darsono, Jumat (1/11/2019).

Untuk itu, ia meminta kepada pemerintah daerah agar mengalokasikan anggaran perbaikan balai desanya ke APBD melalui BPMD atau bantuan dari provinsi, karena ADD dan DD tidak diperbolehkan untuk memperbaikan kantor desa. “Kalau diperbolehkan, perbaikan sudah kita lakukan sejak dulu,” terangnya.

Dijelaskan Darsono, Desa Penganjang berpenduduk sekitar 7.000 jiwa, dengan 3.000 pemilih dari pemilih pemula 17 tahun. Ia berharap pada tahun 2020 Pemkab Indramayu melalui APBD bisa mengalokasikan untuk pembangunan kantornya yang saat ini kondisinya sudah tak layak pakai.

Kondisi itu terlihat dari ruangan utama kantor terlihat lapuk karena termakan usia. Bahkan tiang-tiang penyangga plafon dan tembok samping sudah mulai runtuh. Oleh karenanya, Darsono mengingatkan jika perbaikan kantor desa sudah tidak bisa ditunda-tunda lagi.(Ger/SGO)