Kondisi Hutan di Jawa Barat Kian Memprihatinkan

oleh -79 views

KUNINGAN, (SGOnline).-

Meski telah memasuki musim penghujan, kondisi debit air di Waduk Darma terus berkurang. Berdasarkan penelusuran Surya Grage Online terlihat beberapa gorong-gorong air yang menjadi saluran air penyangga dari desa sekitar wisata yaitu Bukit Munjul Bangke, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan.

Sekretaris Gema Jabar Hejo, Asep Setiawan mengatakan, kondisi kekeringan dan kurangnya debit air di Waduk Darma hampir sama dengan kondisi waduk-waduk lainnya yang ada di wilayah kota atau kabupaten di seluruh Jawa Barat.

“Hal ini disebabkan karena kondisi hutan wilayah Jawa Barat, khususnya kurang dari 10% 816.695,91 Ha (sumber data statistik kehutanan Prov Jabar tahun 2017, Red),” ujar Asep.

Asep menambahkan, hutan merupakan bagian yang paling utama bagi suatu wilayah sebagai daya dukung untuk keseimbangan dan iklim penunjang kehidupan dalam satu wilayah dimana luas hutan minimal harus 30% dalam suatu wilayah untuk menjaga keseimbangan dan iklim di wilayah tersebut.

“Wilayah Jawa Barat dengan curah hujan tertinggi di Indonesia, pada musim kemarau Jabar paling pertama kekeringan dan ketika musim hujan Jabar kebanjiran,” tuturnya. (Andin/SGO)