Kota Cirebon Dapat Tambahan Jatah Air Bersih Rp 500 Liter/Detik

oleh -5 views

CIREBON, (SGOnline).-

Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon menandatangani kontrak kerja sama dalam penyediaan air minum dari Jatigede. Penandatanganan dilakukan dengan pemerintahan pusat melalui Dinas Perumahan dan Pemukiman Pemprov Jawa Barat.

Walikota Cirebon, H Nashrudin Azis, mengatakan, dengan penambahan debit air minum dari Jatigede diharapkan dapat memenuhi semua kebutuhan air minum di Kota Cirebon. “Setelah proyek Jatigede rampung, Kota Cirebon mendapat jatah air 500 liter/detik,” katanya, Rabu (2/9/2020).

Ia mengungkapkan, dengan adanya sumber air baru dari Jatigede, Pemkot Cirebon akan membangun bank air di Kepompongan Cirebon. “Kapasitas bank air yang akan dibangun memiliki kapasitas 5.000 liter,” tuturnya.

Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Pemprov Jabar, Boy Imam Nugraha, mengungkapkan, dari kerja sama proyek air minum Jatigede ada kewajiban membangun bank air yang dilakukan Pemkot Cirebon. “Saluran air minum Jatigede merupakan program strategis nasional untuk wilayah Cirebon Raya,” ujarnya.

Boy menambahkan, ada beberapa skema pembiayaan untuk proyek penyediaan sarana air minum dari Jatigede yang diatur Kementerian Keuangan. “Pembangunan fisik saluran air sedang berjalan dan diharapkan masalah administrasi juga mulai diurus,” ungkapnya.