Media Partner

Kota Cirebon Segera Miliki Komite Ekonomi Kreatif

oleh -14 views
Wakil Walikota Cirebon, Hj. Eti Herawati

CIREBON, (SGOnline).-

Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon memfasilitasi pembentukan Komite Ekonomi Kreatif. Wadah ini diharapkan bisa menggandeng pelaku ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Wakil Walikota Cirebon, Hj. Eti Herawati, saat membuka Rapat Koordinasi Pelaku Ekonomi Kreatif dalam Rangka Pembentukan Komite Ekonomi Kreatif Kota Cirebon di salah satu hotel di Kota Cirebon, menjelaskan, wadah ini perlu dibentuk.

“Kalau ditanyakan wadah ini perlu, yes. Karena wadah ini nantinya yang akan menggairahkan perekonomian di Kota Cirebon dengan aktivitasnya masing-masing,” katanya, Kamis (18/2/2021).

Dijelaskan Eti, masa pandemi Covid-19 yang berlangsung selama satu tahun banyak mengubah pola dan kebiasaan hidup masyarakat. Banyak pula sektor yang terdampak pandemi Covid-19. Salah satunya, pariwisata.

Menurut dia, sangat banyak pelaku industri pariwisata yang terpaksa gulung tikar, karena tidak sanggup bertahan di masa pandemi ini. Untuk membangkitkan kembali sektor kepariwisataan di masa adaptasi kebiasaan baru, maka gerakan pemulihan ekonomi kreatif dilakukan.

“Kenapa ekonomi kreatif? Karena ini yang bisa bertahan di masa pandemi Covid-19 ini. Pemkot Cirebon, dalam hal ini Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata, menginisiasi rapat koordinasi ekonomi kreatif. Ini sebagai upaya awal Pemkot Cirebon membangkitkan sektor ekonomi kreatif,” ungkap Eti.

Sementara itu, Kepala DKOKP Kota Cirebon, Agus Suherman, menjelaskan, rapat koordinasi ini diikuti 70 orang yang merupakan perwakilan dari 16 kelompok pelaku ekonomi kreatif di Kota Cirebon.

READ  Kapolsek Lemahwungkuk Bagikan Paket Beras ke Warga Jompo

“Mulai dari pelaku seni, pelaku film, UMKM, dan usaha jasa lainnya. Semua memiliki keterwakilan. Ke depannya, diharapkan Forum Ekonomi Kreatif di Kota Cirebon bisa menggandeng semua komponen dan pelaku ekonomi, sehingga usaha mereka bisa berkembang,” ucapnya. (Herwin/SGO)