KPU Indramayu Bakal Akomodir Calon Independen

oleh -55 views

INDRAMAYU, (SGOnline).-

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indramayu akan mengakomodir calon independen dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Indramayu pada 2021 mendatang, karena semua warga memiliki hak konstitusi
dan dilindungi undang undang.

“Jika memang dalam Pilkada Indramayu nanti ada calon independen yang mendaftarkan diri, maka kami siap mengakomodir asalkan semua persyaratan terpenuhi. Silakan jika ada warga yang ingin maju ke pilkada asalkan berkoordinasi dengan KPU. Calon independen merupakan hak konstitusi untuk memastikan adanya perputaran demokrasi,” kata Ketua KPU Kabupaten Indramayu, Ahmad Toni Fatoni kepada Surya Grage Online usai Sosialisasi Tahapan dan Pencalonan Pilkada 2020, Kamis (31/10/2019).

Ahmad Toni mengingatkan, calon perseorangan harus mematuhi aturan main yang berlaku dan pastikan regulasi yang dipakai sudah benar. Untuk tahapan perseorangan akan dimulai awal Desember 2019, sedangkan untuk pendaftaran secara umum akan dibuka pada tanggal 16-18 Juni 2020.

Artinya, lanjut dia, pendaftaran untuk calon perseorangan akan dibuka jika telah memenuhi persyaratan administrasi, di antaranya memperoleh dukungan minimal 87.000 orang yang harus tersebar minimal di 16 kecamatan di Indramayu serta dibuktikan dengan surat pernyataan dukungan dan dilampirkan tanda bukti fotocopy KTP pendukung serta lolos verifikasi.

“Apabila calon perseorangan tidak memenuhi persayaratan yang ditentukan, maka dengan sendirinya yang bersangkutan dinyatakan gugur,” ungkapnya. (Ridho/SGO)