Lagi, BPJAMSOSTEK Cairkan Klaim Santunan Pekerja Meninggal Dunia

oleh
Ilustrasi/istimewa

MAJALENGKA, (SGOnline).-

Kantor Cabang Perwakilan BPJAMSOSTEK Majalengka kembali mencairkan klaim jaminan kematian kepada pesertanya Rp 95,1 juta dan uang pensiun setiap bulan yang diberikan secara berkala.

Kepala Kantor Cabang Perwakilan BPJamsostek Majalengka, Dedi Supriyadi, mengatakan, sudah menjadi kewajiban bagi pemberi kerja agar mendaftarkan tenaga kerjanya menjadi peserta BPJamsostek. Tujuanya agar terlindungi ketika terjadi hal-hal yang tak diharapkan.

“Contohnya seperti sekarang ini, peserta BPJamsostek yang meninggal dapat santunan dan uang pensiun yang diberikan kepada ahli warisnya,” katanya.

Dedi berharap, melalui penyerahan santunan ini, dapat meringankan beban ahli waris dan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. “Kami harapkan santunan ini dapat membantu keluarga yang ditinggalkan. Bisa untuk modal usaha, tabungan ahli waris, atau kebutuhan lainnya,” kata Dedi.

Dedi menjelaskan, setiap pekerja di Indonesia berhak atas manfaat Program Jaminan Sosial jika mengalami risiko kerja yang meliputi kecelakaan kerja, meninggal dunia, berhenti bekerja di usia tertentu, atau ketika memasuki masa pensiun.

Hak tersebut berupa Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP) yang diatur dalam Undang Undang nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

Dedi menambahkan, pihaknya akan berupaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada peserta dan ahli waris. Kendati saat ini dalam kondisi Covid-19.

Ucapan terima kasih

Sementara itu, ahli waris almarhum Asep Saefudin Nugraha, Sukarso mengungkapkan, jika anaknya itu meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas di dekat Puskesmas Lojikobong pada saat berangkat kerja.

“Alhamdulillah dalam suasana belasungkawa atas kepergian anak saya, kami mendapatkan santunan dari BPJamsostek senilai Rp 95,1 juta dan mendapatkan pensiun berkala setiap bulan sampai saya meninggal dunia,” ucapnya.

Atas bantuan itu, pihaknya mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada BPJamsostek yang telah memberikan bantuannya. “Dana ini akan kami manfaatkan sebaik-baiknya dan mohon doa untuk almarhum anak saya,” ujarnya.

Supervisor HRD PT Kaldu Sari Nabati, Dahlia Rahayu menyampaikan, terima kasih yang sebesar-besarnya kepada BPJamsostek Cabang Perwakilan Majalengka atas bantuannya, sehingga keluarga ahli waris dari tenaga kerja bisa mendapatkan santunan sesuai dengan hak tenaga kerja. (Rilis/Ruddy/SGO)