Laskar Macan Ali dan Ormas Peringati Pra Proklamasi

oleh -79 views

CIREBON, (SGOnline).-

Laskar Macan Ali, beberapa ormas dan komunitas masyarakat berkumpul di Tugu Proklamasi Kejaksan Kota Cirebon. Kehadiran mereka untuk memperingati hari Pra Proklamasi, Sabtu (15-8-2020) sore.

Ketua GM FKPPI Kota Cirebon, Dani Djaelani mengatakan, kegiatan tersebut untuk menyampaikan kepada masyarakat, jika 15 Agustus 1945 merupakan hari Pra Proklamasi.

“Ini salah satu sejarah yang harus diketahui seluruh lapisan rakyat Indonesia, khususnya warga Cirebon. Ini tidak bermaksud menganulir Proklamasi yang dibacakan pada 17 Agustus 1945,” ungkapnya.

Dikatakan Dani, kegiatan yang rutin digelar setiap 15 Agustus itu sudah empat kali diselenggarakan. Ke depan, guna memperkuat kegiatan, ia berencana menggelar seminar atau sarasehan.

“Pembacaan naskah proklamasi dilakukan di Alun-alun Kejaksan Cirebon pada 15 Agustus 1945 atau dua hari sebelum Soekarno-Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Tanda dari pembacaan Proklamasi itu adalah Tugu Proklamasi di perempatan Kejaksan Cirebon,” tuturnya.

Jepang menyerah

Ia menerangkan, pembacaan naskah Proklamasi yang dilakukan dr Soedarsono, bermula setelah adanya kabar dari Sutan Sjahrir jika Jepang menyerah kepada sekutu. Diketahui, dr Soedarsono adalah seorang dokter di Rumah Sakit Oranje atau sekarang RSUD Gunung Jati.

“Dr Soedarsono melakukan hal itu setelah menerima berita dari Sjahrir, Radio BBC London memberitakan tentara Jepang menyerah kepada sekutu pada 14 Agustus 1945,” paparnya.

Dani menambahkan, selain memproklamirkan kemerdekaan di Alun-alun Kejaksan, kelompok Sjahrir juga membacakan naskah Proklamasi di Alun-alun Ciledug Cirebon. (Herwin/SGO)