Lawan Covid-19, Program Desa Tangguh Raharja Diluncurkan

oleh
foto: dok humas polres majalengka/istimewa

MAJALENGKA, (SGOnline).-

Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Majalengka meluncurkan program Desa Tangguh Raharja di Desa Liangjulang, Kecamatan Kadipaten, Rabu (26/6/2020).

Kegiatan ini diprakarsai Polri ini mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Majalengka.
Adapun tujuan pembentukan desa tangguh ini untuk mencegah penyebaran covid-19.

Usai launching, kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan terhadap potensi Desa Tangguh Raharja, seperti penanaman hidroponik, budidaya ikan lele, pengembangbiakkan hewan ternak dan lain-lain.

Bupati Majalengka, H Karna Sobahi, menuturkan, ada empat komponen dibentuknya desa tangguh, yakni tangguh secara jasmani dan rohani dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Lalu tangguh secara sosial ekonomi yang dibuktikan dengan berbagai potensi yang dimiliki desa-desa. Selanjutnya tangguh secara keamanan, yakni partisipasi siskamling yang dilaksanakan di tiap desa. “Terakhir tangguh secara kreasi dan inovasi. Kreativitas dari masyarakat itu sendiri teraktualisasikan untuk kemakmuran masyarakatnya,” kata Karna usai acara di GOR Desa Liangjulang.

Ia menyebutkan, saat ini merupakan momen tepat bagi masyarakat untuk bangkit menghadapi situasi pandemi covid-19. Masyarakat jangan pernah lelah dalam menghadapi wabah ini. “Pembentukan desa tangguh ini ide berlian dan saya mengapresiasinya,” tandas dia.

Atensi Kapolri

Sementara itu, Kapolres Majalengka, AKBP Bismo Teguh Prakoso mengemukakan, di lingkup institusi Kepolisian Republik Indonesia, kegiatan ini berdasarkan atensi Kapolri, yaitu membentuk Kampung Tangguh Nusantara harus disesuaikan dengan kearifan lokalnya.

Sesuai kesepakatan antara Forkopimda dan Bupati di pendopo, beberapa waktu lalu, menghasilkan kesepakatan berupa ‘Desa Tangguh Raharja’.
“Berdasarkan kearifan lokal diharapkan bisa menumbuhkan partisipasi semangat dan gotong-royong,” ujar Bismo.

Tampak hadir, Ketua DPRD, Wakil Bupati, Sekda, Kapolres, Dandim 0617 Majalengka, Danyonif Raider 321/GT, Danlanud S Sukani, Kajari, perwakilan Pengadilan Negeri Majalengka, unsur Muspika Kecamatan Kadipaten, Kepala Desa Liangjulang beserta para perangkat desa, serta undangan lainnya. (Rilis/Ruddy/SGO)