Lelaki Sex Lelaki Penyumbang Terbesar Penyebaran HIV-AIDS di Kabupaten Cirebon

oleh -95 views

CIREBON, (SGOnline).-

Jumlah orang dengan HIV-AIDS (ODHA) di Kabupaten Cirebon terus mengalami peningkatkan. Untuk tahun ini kasus HIV-AIDS naik 181 penderita, yakni tahun 2018 tercatat 1.812 menjadi 1993 di tahun 2019. Kenaikan 70% disebabkan faktor hubungan LxL (lelaki sex lelaki) atau hubungan sesama jenis dan 30%-nya dari ibu rumah tangga.

“Adapun upaya yang sudah kita lakukan bekerja sama dengan komunitas menggelar sosialisasi dengan sejumlah pihak, seperti sekolah, institusi serta tempat hiburan. Untuk pelayanan sudah 49 layanan, seperti puskesmas, rumah sakit dan lapas,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Hj. Eny Suhaeni di sela penandatanganan komitmen bersama penanggulangan HIV-AIDS terkait peringatan Hari AIDS Sedunia di depan kantor Bupati Cirebon, Senin (9/12/2019).

Untuk upaya terbaru, lanjut Eny, yaitu kolaborasi dengan kantor Kemenag untuk menganalisa semua calon pengantin yang terindikasi penyakit HIV-AIDS agar secara dini dilakukan pencegahan, penanggulangan dan pengobatan. Dengan demikian, orang yang terindikasi HIV-AIDS bisa diminimalisasi.

Bupati Cirebon, H Imron Rosyadi kepada awak media usai penandatanganan mengemukakan, dengan tema ‘Bersama masyarakat meraih sukses dalam rangka memeringati HAS mari kita cegah agar tidak terjangkit HIV AID’S’, masyarakat diminta ikut mewaspadai supaya tidak tertular.

“Jumlah penderita HIV-AIDS di Kabupaten Cirebon semakin meningkat. Faktornya bisa karena hubungan seks, faktor suntikan dan sebagaiknya. Ini merupakan PR bersama. Cirebon merupakan wilayah transit, maka masyarakat harus ekstra waspada dan mengedukasi mengenai bahaya penyakit menular ini,” paparnya. (Effendi/SGO)