Lele Krispi Ponpes Darul Ma’arif Bakal Go Internasional

oleh -183 views

INDRAMAYU, (SGOnline).-

Peluang pasar produk makanan ringan yang dikembangkan kalangan santri Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ma’arif, Desa Legok, Kecamatan Lohbener, Kabupaten Indramayu, sangat besar bahkan tidak menutup kemungkinan bisa tembus ke mancanegara. Potensi itu terlihat dari banyaknya peminat yang berasal dari luar Indramayu.

Adapun produk yang diproduksi berupa lele krispi, nugget lele dan stik lele. “Alhamulillah peminat produk ponpes kami mampu menembus pangsa pasar luar daerah, maka tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti produk ini akan menembus pangsa pasar internasional,” kata pengasuh Ponpes Darul Ma’arif Legok, KH Munaji didampingi tenaga ahli pengelola ikan lele, Kang Ato kepada Surya Grage Online, Minggu (3/11/2019) di ponpes setempat.

Ponpes ini, lanjut KH Munaji, selain menciptakan para santri yang berakhlakul karimah juga akan membentuk santri yang berwawasan kewirausahaan atau entrepeneurship. Hasil produksi para santri akan dicoba untuk menembus pangsa pasar internasional.

Dikatakan dia, meski tata cara pengelolaan ikan lele menjadi nugget, stik dan maupun krispi baru diterapkan sekitar akhir 2017 silam, tetapi pesanan dari pesantren lain maupun di pasaran luar daerah setiap harinya terus mengalami peningkatan yang signifikan.

Hal tersebut yang menjadi perhatian serius pengasuh Ponpes ini untuk terus mengembangkan usaha pengelolaan ikan lele menjadi makanan ringan yang sehat tanpa bahan pengawet.

Bahkan, Ponpes Darul Ma’arif Legok yang memiliki luas lahan sekitar 2 hektare ini sering dikunjungi dari berbagai lapisan masyarakat dengan berbagai profesi. “Untuk melengkapi area ponpes, ke depan kami akan membangun outlet makanan ringan hasil produksi para santri,” katanya. (Rat/SGO)