Leony Fransisca Sidhojojo, Pebisnis Kuliner di Dunia Maya

oleh -1.033 views

BAGI warganet yang aktif di dunia maya, khususnya pecinta kuliner di Instagram (IG) pasti mengenal produk Hakkocio. Hakkocio menjual aneka kue, tumpeng dan masakan rumah.

Namun siapa nyana, jika pemilik Hakkocio adalah Leony Fransisca Sidhojojo, perempuan kelahiran Cirebon, 27 Juli 1969 yang kini tinggal di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Leony Fransisca Sidhojojo dari masa kecilnya sampai Lulus SMA, tinggal di daerah Pagongan, tepatnya depan Kantor Telkom Cirebon. Noni, nama panggilan kami untuknya, di masa sekolah, saya sekelas dengan Leony waktu SMP.

Dulu, orang tua Leony memproduksi sirop di Pagongan. Jika Sabtu malam Minggu tiba, saya dan kawan-kawan kumpul di rumah Noni sambil minum sirop pisang susu produksi mamanya. Semasa sekolah, Leony pandai dan rajin, saya suka pinjam buku catatannya karena tulisannya bagus.

Leony Fransiska Sidhojojo, sejak SD hingga SMA sekolah di BPK Penabur Cirebon. Lulus SD BPK Penabur tahun 1982, kemudian lulus SMP BPK Penabur tahun 1985, dan lulus SMA BPK Penabur tahun 1988. Tahun 1988, ia pindah ke Bandung dan lulus kuliah tahun 1993 dan kerja di Bandung.

Tahun 1999, Leony menikah tahun 2000 dan lahirlah putri pertama mereka, setelah Nikah Leony bersama suami pernah bisnis seprei, tetapi sayang bisnisnya tidak berkembang. Di tahun 2003, Leony dan keluarga pindah ke Banjarmasin.

Belajar dari tabloid

Kini Leony memiliki 2 buah hati, anak pertamanya perempuan dan sudah kuliah di Jakarta. Sedangkan yang kecil, rencananya baru masuk kuliah di Jakarta tahun ini. Sejak pindah ke Banjarmasin, tahun 2003 Leony mencoba belajar dari aneka tabloid membuat cake dan masakan.

Awalnya cuma iseng, sebagai bekal untuk anak-anak di sekolah dan untuk makan sendiri di rumah. Namun seiring perjalanan waktu, ia nekat menerima pesanan, tapi yang diterima justru omelan pembelinya. Soalnya, waktu itu ia belum paham jenis-jenis kue.

Tetapi Leony tidak putus asa, ia mencoba dan mencoba lagi. Bahkan kue hasil karyanya, ia titipkan kue cake buatannya ke kantin-kantin sekolah di Banjarmasin. Pernah juga membuka toko, saat itu kue produk buatannya jadi terkenal.

Tuhan buka jalan. Tahun 2010 Leony memulai bisnis “Hakkocio Food and Cake” lewat IG. Produk cake buatan Leony jadi dikenal di mana-mana. Kerja kerasnya membuahkan hasil. Di saat Tuhan buka jalan tiada satu pun yang bisa mengalangi rencana-Nya.

Ada kerinduan di dalam hatinya untuk dapat kembali tinggal di Cirebon suatu saat nanti. Memiliki rencana buka usaha di Kota Cirebon, tetapi semuanya Leony pasrahkan pada kehendak Tuhan YME. (*)

Oleh Jeremy Huang