LKP Annida Kota Cirebon Cetak Entrepreneur Handal

oleh -72 views
Hj. Rina Rindanah

CIREBON, (SGOnline).-

LKP Annida merupakan satu dari tujuh LKP di Kota Cirebon yang mendapat kepercayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk membuka program PKK (Pendidikan Kecakapan Kerja) berupa tata busana menjahit.

“Alhamdulillah, kami mendapat kepercayaan dari Kemendikbud untuk membuka program PKK. Saat ini, tata busana menjahit diikuti 60 orang, terdiri dari peserta laki-laki dan perempuan. Mereka berusia rata-rata di bawah 30 tahun dan semuanya berasal dari Kota Cirebon,” kata pimpinan LKP Annida, Hj. Rina Rindanah kepada Surya Grage Online di sela pembukaan program PKK, Rabu (9/9/2020).

Dijelaskannya, untuk memudahkan proses pembelajaraan dan agar hasilnya sesuai harapan, peserta dibagi tiga kelas, pagi, siang dan sore. Mereka akan dibekali teknik dasar menjahit selama 40 hari, seperti menjahit lurus, mengepak, menyetrika, mengukur dan membuat pola sebagai materi tambahannya.

“Setelah mengikuti pelatihan, setiap peserta akan mendapatkan tiga sertifikat, yakni sertifikat uji kompetensi, workshop dan sertifikat lembaga. Peserta juga akan mendapatkan pantauan dan bimbingan konseling dari lembaga selama satu tahun,” paparnya.

Ditanya seputar perjalanan LKP, Hj. Rina Rindanah, mengaku, sejak awal ia ingin membuka peluang kerja sebanyak-banyaknya bagi masyarakat. Ia bertekad untuk mendarmabaktikan seluruh hidupnya untuk membantu masyarakat yang membutuhkan kesempatan kerja.

“LKP Annida yang berdiri sejak 2011 ini berkomitmen mencetak SDM berkualitas, yakni siap kerja dan berwirausaha mandiri, menjadi entrepreneurship yang handal. Maka dari itu, kami all out dalam membina peserta di sini,” tandasnya.