Lokasi Swab Massal di Majalengka Mendadak Pindah, Ini Alasannya

oleh -107 views

MAJALENGKA, (SGOnline).-

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majalengka mendadak memindahkan lokasi swab massal ke halaman Kantor Dinas Kesehatan, sebelumnya berlokasi di eks Pasar Lawas Majalengka Jl. KH Abdul Halim, Kamis (11/6/2020) mulai pukul 09.00 WIB.

Penegasan itu disampaikan Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kesehatan Majalengka, Alimudin melalui pesan singkatnya, Rabu (10/6/2020).

Ali menyebut, tes swab massal dilakukan untuk mempercepat penanganan covid-19, dan dilakukan secara masif dengan lokasi yang dinilai sangat rentan dalam penyebaran virus corona. Terkait pemindahaan karena melihat situasi dan kondisi di lapangan.

“Untuk jumlah yang sudah di swab 72 orang, sedangkan yang sudah rapid test 1.132 orang,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka ini melalui pesan singkatnya.

Ali mengaku sudah mempersiapkan segalanya demi terselenggaranya acara tersebut. Bahkan ia mengklaim, tidak ada kendala krusial dalam pelaksanaan swab, hanya ada sebagian kecil persiapan teknis yang belum terpenuhi.

Dibawa ke UGJ

Lebih jauh ia menjelaskan, sampel tes swab rencannya akan dibawa ke Laboratorium Covid-19 Fakultas Kedokteran Universitas Swadaya Gunung Djati (UGJ) Cirebon untuk diuji dengan alat Polymerase Chain Reaction (PCR).

Sementara itu, Wakil Sekretaris Covid-19 Majalengka, Agus Permana menambahkan, untuk tahap pertama rencana yang di-swab ada 51 orang dengan sasaran OTG dan ODP terlebih dahulu yang masih dalam pemantauan yang tersebar di wilayah kerja 12 puskesmas.

“Tahap selanjutnya akan dilaksanakan rapid test dan swab massal dengan sasaran lebih banyak lagi. Saat ini kita punya virus transper media atau VTM sebanyak 1.800 tabung,” ucapnya. (Humas Covid-19/Ruddy/SGO)