Lurah Ingatkan Warga Kesenden tak Buang Sampah Sembarangan

oleh -18 views


CIREBON, (SGOnline).-

Curah penghujan dengan intensitas tinggi yang terjadi beberapa hari terakhir, dikhawatirkan memicu bencana banjir, khususnya di Kelurahan Kesenden, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon. Hal ini dikarenakan, tidak lancarnya aliran air di saluran pembuangan menuju hilir sungai.

Lurah Kesenden, Ruliyanto, mengatakan, akhir-akhir ini intensitas hujan sangat tinggi, sehingga air tidak dapat tertampung di saluran air. Akibatnya, banjir menggenangi pemukiman penduduk.

“Kami khawatir saluran mampet, aliran air tidak lancar, sehingga air meluap ke perumahan warga di sekitarnya,” kata Ruliyanto, Kamis (4/12/2020).

Untuk mengantisipasi terjadinya banjir, ia melakukan pengecekan saluran air, serta membersihkannya dari tumpukan sampah.

“Semuanya dicek, bila tersumbat maka akan segera dibershikan, agar aliran air kembali lancar. Di musim penghujan ini, sampah yang menutupi saluran air bisa menjadi penyebab terjadinya bencana banjir,” tandas Ruliyanto.

Ia menambahkan, titik rawan banjir berada di RW 10. Pengecekan bukan hanya saluran, tetapi juga meninjau bangunan yang berdiri di sepadan saluran air.

“Saya meninjau saluran air di RW 10 sebagai langkah antisipasi musim penghujan. Soalnya, lokasi ini sering menjadi langganan banjir. Kondisi existing memang ada beberapa saluran yang mampet dan adanya bangunan penduduk berdiri di atas saluran, kami berharap ada solusi teknis dari PU untuk langkah-langkah antisipasi sehingga masyarkat di RW 10 tidak lagi mengalami banjir,” ujarnya

READ  Patroli Polsek KPC Cipta Kondisi di Lingkungan Pelabuhan

Ruliyanto mengingatkan masyarakat agar tidak buang sampah sembarangan, apalagi di saluran air. Jika banjir, maka yang rugi masyarakat sendiri. Ia berharap, setiap minggu masyarakat melakukan kerja bakti agar lingkungan selalu bersih dan sehat. (Herwin/SGO)