Lurah Kesenden Apresiasi Eksistensi Koperasi Warga Bangkit

oleh

CIREBON, (SGOnline).-

Bermula dari inisiatif agar warga tidak terjerat rentenir, Koperasi Warga Bangkit yang berdiri sejak  tahun 2001 silam ini kini mampu memudahkan anggotanya membayar tagihan listrik dan air. Tidak ada lagi anggota yang terlambat membayar tagihan atau menunggak.

Ketua Koperasi Warga Bangkit Kelurahan Kesenden, Cutom Rohmana mengatakan, anggota koperasi bisa bernafas lega karena dengan eksistensi koperasi minimal bisa terbantu.

Cutom juga menceritakan, Koperasi Warga Bangkit didirikan hanya dengan modal awal Rp 125.000 saja dari lima orang anggota. Namun, seiring berjalannya waktu dan kerja keras, koperasi ini pun semakin berkembang dan telah memiliki aset sekitar Rp 1 milyar.

“Alhamdulillah semakin berkembang, anggotanya pun semakin bertambah bukan hanya warga Kesenden,” ujar Cutom kepada wartawan, Selasa (27/7/2021).

Koperasi Warga Bangkit juga sudah memiliki 50 usaha binaan di sektor perdagangan maupun jasa yang sebagian besar kini sudah mandiri. Namun, meski bisa dikatakan pengelolaan koperasi ini berhasil. Bukan berarti tidak ada kendala yang dihadapi pengurus, yaitu pengembangan sumber daya manusia (SDM) pengurus koperasi dan juga belum adanya sekretariat atau bangunan kantor.

“Kami berharap bila ada peningkatan SDM tentunya koperasi akan bisa lebih berkembang. Terkait bangunan kantor, sementara ini kami menempati rumah bendahara,” ungkapnya.

Mengetahui adanya potensi besar yang dimiliki Koperasi Warga Bangkit di wilayahnya, Lurah Kesenden Ruliyanto langsung merespon. “Ini luar biasa dan menurut saya keren, bisa menjadi ikon perekonomian Kelurahan Kesenden,” tandas Ruli.

Lurah Kesenden itu pun menjelaskan, pihaknya akan mengerahkan segala upaya untuk membantu agar Koperasi Warga Bangkit ini bisa lebih berkembang. “Kita akan bantu untuk peningkatan SDM-nya, termasuk soal gedung kantor,” katanya.

Dia mengaku kaget, sebab dari penuturan Ketua Koperasi kepada dirinya, selama ini belum ada sentuhan dari pihak kelurahan. “Tadi saya sudah berbincang, insya Allah di masa kepemimpinan saya sekarang ini akan dibantu semaksimal mungkin untuk mengembangkan. Koperasi ini patut kita apresiasi, karena itu tadi sudah kita bahas bersama Ketua terkait langkah atau inovasi ke depannya,” paparnya. (Andi/SGO)