Lurah Kesenden Terapkan Aturan Unik bagi Saluran Aspirasi Warganya

oleh -51 views


CIREBON, (SGOnline).-

Kelurahan Kesenden, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, melaksanakan Musyawarah Pembangunan Kelurahan (Musbangkel) tahun anggaran (TA) 2021.

Kegiatan yang digelar di luar kantor kelurahan setempat ini dihadiri, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Syahroni, anggota Komisi III dari Partai Gerindra, Fitrah Malik, Camat Kejaksan, Uyung Heru Utomo, dan Lurah Kesenden, Ruliyanto.

Lurah Kesenden, Ruliyanto, mengatakan, musbangkel tahun ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan tempat pelaksanaan Musbangkel di luar kantor kelurahan.

“Konsepnya tahun ini berbeda, karena Musbangkel sendiri diadakan di luar kantor kelurahan. Ini merupakan bentuk apresiasi kepada kinerja RT maupun RW,” kata Ruliyanto kepada Surya Grage Online, Kamis (14/1/2021).

Selain itu, sebagai bahan komunikasi dengan warganya, Kelurahan Kesenden memberlakukan format saran dan harus bercap RT atau RW. “Jika tidak ada kami kembalikan, ini merupakan bentuk komunikasi masyarakat Kesenden,” ujarnya.

Dengan begitu, tak ada lagi warga yang tidak mengetahui pembangunan yang ada di daerahnya. Soalnya, ini murni saran pembangunan dari warga setempat. “Jadi semuanya berbasis keinginan warga sendiri, dan tidak semata-mata hanya keinginan lurahnya saja,” ungkapnya.

Ia berharap, ada suatu pedoman pembangunan dari RT dan RW. Nantinya, usulan-usulan yang berasal dari RT maupun RW dapat menjadi rujukan pembangunan.

Ruliyanto mengaku, usulan paling banyak dari tingkat RT dan RW, yaitu pembenahan saluran air, khususnya di RW 10 dan juga RW 11, karena kedua wilayah itu paling terdampak saat hujan turun. (Herwin/SGO)