Majalengka Masuk Nominasi SPAN LAPOR Tingkat Nasional

oleh -79 views

MAJALENGKA, (SGOnline).-

Pemerintah Kabupaten Majalengka masuk nominasi 40 besar pada kompetisi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SPAN) Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) tahun 2019. Kegiatan yang pertama kali diselenggarakan Kementerian PAN RB dan Majalengka ini mendapat apresiasi dari panitia kompetisi SP4N LAPOR 2019.

Bupati Majalengka H Karna Sobahi mengaku bersyukur dengan diraihnya nominasi dengan mendapatkan undangan untuk melakukan ekspose di hadapan enam orang tim penilai yang digelar di Hotel Aryaduta Semanggi, Jakarta Selasa malam (26/11/2019).

Pada kesempatan itu Bupati Majalengka H. Karna Sobahi, didampingi Asda I, Aeron Randi, Kepala Dinas Kominfo Maman Sutiman, Sekdis Kominfo Wawan Sarwanto, serta Kabid PPK Ria Restiana. “Pemkab Majalengka berkomitmen kuat dalam memberikan pelayanan publik. Hal itu ditandai dengan dimasukkannya dalam nominasi SP4N LAPOR,” ucapnya.

Program yang dicanangkan sendiri masuk dalam 100 program hari kerja sebagai bupati dan wakil bupati terpilih melalui launching Majalengka Raharja Quick Respon yang di dalamnya terdapat Quick Respon 112 dan LAPOR. “SP4N LAPOR! itu bagi Pemerintah Kabupaten Majalangka sebagai tuntutan dinamika pertumbuhan strategis daerah,” katanya.

Ini juga sebagai kolaborasi dan partisipasi aktif publik, yang merupakan salah satu syarat pembangunan optimal dengan diperlukannya penguatan pelayanan publik dengan dukungan sistem yang transparan, mudah akses dan responsif.

“Ke depan rencana pengembangan kami itu meliputi penguatan kelembagaan, penguatan sarpras dan dukungan anggaran, perluasan cakupan integrasi, peningkatan SDM, penguatan pengendalian SP4N LAPOR!, serta sosialisasi SP4N LAPOR! kepada masyarakat yang lebih masif,” paparnya.

Dengan dilaksanakan itu, kata dia, memberi kesempatan kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan. Bupati juga sebelum ekspos menjelaskan jika Pemerintah Kabupaten Majalengka mendapatkan Opini WTP dari BPK RI 6 kali berturut-turut, peningkatan penilaian SAKIP dari CC menjadi B, LPPD Kinerja Pemda yang mendapat nilai Sangat Tinggi, Kabupaten Layak Anak kategori Pratama, Penghargaan Kabupaten Kreatif dengan penyebutan Ekosistem Ekonomi Kreatif Terbaik Subsektor Seni Pertunjukan di Pulau Jawa serta Anugerah Pesona Indonesia 2019 Kategori Wisata Air Terpopuler yang menampilkan Cikadongdong River Tubing yang meraih Juara 1 Nasional. (Hisyam/SGO)